Suryadi : "Pemko Pekanbaru Jangan Buang Badan Terkait Gaji THL Yang Belum Dibayarkan

Selasa, 28 Januari 2014 - 01:09:35 wib | Dibaca: 2572 kali 

Gagasanriau.com , Pekanbaru-Sampai saat ini Tenaga Harian Lepas (THL) belum juga menerima haknya berupa gaji. Pasalnya hingga kini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru selalu beralasan belum ketuk palunya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun anggaran 2014.

Walikota Pekanbaru, Firdaus MT beberapa waktu lalu pernah berkomentar bahwa Pemko tak bisa berbuat apa-apa dan tidak bisa memberikan solusi, hanya bisa menunggu APBD 2014 disahkan oleh anggota DPRD.

"Kita tidak punya solusinya, hanya bisa mendesak DPRD agar segera mengesahkan APBD, tak mungkin kita pinjam ke kas daerah,"jelasnya.

Masalah ini rupanya mendapat perhatian yang serius dari ??ketua Jaringan Advokasi Rakyat Riau (JARRI), Suryadi SH.

Suryadi menilai bahwa Pemko Pekanbaru seolah  buang badan dan menjadikan APBD sebagai alasan yang sangat jitu.

"Masalah ini seharusnya jadi tanggung jawab Pemko, Karena mau tidak mau,secara logikanya awal mereka masuk kerja itu berdasarkan kontrak dengan pemko. Kewajiban mereka telah dilakukan dengan baik tinggal haknya yang harus dibayarkan" jelasnya saat kepada gagasanriau.com, Senin (27/1/14).

Alasan-alasan yang di keluarkan  pemko dianggap Suryadi sangat tidak irasional, seharusnya tanggung jawab untuk merealisasikan pembayaran para THL tersebut dilakukan secepatnya.

"Kalau APBD memang kewajiban Pemko untuk melaksanakan kegiatan berdasarkan APBD karena dari situlah  pendanaan semua kegiatan yang dilakukan Pemko. Nah, soal harus menunggu APBD itu bisa saja menjadi alasan Pemko,tapi sebetulnya apa yang terpenting adalah tanggung jawab Pemko, untuk segera merealisasikan pembayaran terlepas APBD-nya belum disahkan apa tidak"tambahnyan lagi.

Suryadi juga sangatt menyayangkan sikap pemko yang tidak mau mengkaji terlebih dahului sebelum merekrut para THL tersebut.

"Pemko mestinya ketika punya kebijakan untuk merekrut merekaseharusnya sudah menyiapkan dana Taktis Jangan semua ke dana APBD apakah sudah dikaji pendanaan-pendanan untuk THL ini"tandasnya.

Dian Rosari


Loading...
BERITA LAINNYA