307 Jamaah Rohil Terbang ke Tanah Suci


Dibaca: 1845 kali 
Jumat, 28 Agustus 2015 - 11:53:39 WIB
307 Jamaah Rohil Terbang ke Tanah Suci

GagasanRiau.com Rokan Hilir- Bupati Rokan Hilir H Suyatno secara resmi melepaskan keberangkatan 450 Jamaah Calon Haji (JCH) kloter III Provinsi Riau yang terdiri dari jamaah Rohil dan Pelalawan di Asrama Haji Batam, Kamis (27/8). Rombongan berangkat menuju Madinah dengan pesawat Saudi Arabian Airlines Boeing-747400. Kloter III bertolak dari Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kamis (27/8) sekitar pukul 10.30 WIB.

Bupati Rohil H Suyatno mengatakan, JCH berangkat untuk menunikan ibadah haji. Untuk itulah diminta fokus dan tetap ada dalam rombongan. ''Kita pergi bawa bendera Indonesia, jadi jangan ada bendera-bendera Rohil atau Pelalawan, kita sama, jadi harus kompak dan saling mendukung,'' kata Suyatno, sebagaimana dilansir pekanbarumx.co.

Untuk 450 orang jamaah kloter III terdiri dari 307 JCH Rohil, 13 JCH Pelalawan dan 5 petugas haji. Tahun ini petugas haji 4 orang dari Pelalawan dan 1 orang dari Rohil atas nama HM Job Kurniawan. Acara pelepasan pagi itu dimulai pukul 06.30 dihadiri ratusan jamaah dan Panitia Penyelenggaran Haji.

Pesawat take off pukul 10.30 WIB dari Bandara Hang Nadim, Batam dan diperkirakan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah pada pukul 15.20 waktu Arab Saudi atau sekitar pukul 19.20 WIB.

Bupati menambahkan, jamaah akan kembali ke tanah air pada 5 Oktober pada pukul 12.35 WIB. Untuk kloter III akan menempati penginapan di wilayah Mahbas Jin dan menginap di Maktab 20, nomor rumah 207 dan 208. ''Rumahnya bersebelahan dan di sana semua JCH kita berkumpul,'' kata H Suyatno.

Jamaah tertua dalam kloter ini bernama Sayotno Wanangsarikana bin Abdullah (85) dari Rohil, sedangkan jamaah termuda bernama Desi Oktavinai binti Abu bakar (23) dari Pelalawan.

Suyatno juga memberikan apresiasi kepada jajaran Pemprov Kepulauan Riau dan Pemko Batam yang telah memberikan pelayanan kepada jamaah haji asal Rohil dan Pelalawan. ''Pelayanan baik, mudah-mudahan ke depan yang kita rajut ini membawa dampak yang baik untuk Riau dan Kepuluan Riau,'' kata Suyatno.

Bupati juga berpesan agar JCH Rohil waspada terkait virus Mers yang sedang hangat dibicarakan. ''Saya lihat berita tadi malam virus Mers ini sudah menewaskan 7 orang, tentunya semua sudah pada tahu dan harus waspada,'' pesan bupati.

Suyatno meminta jamaah mengintensifkan penggunaan masker sebagai langkah pencegahan, mengingat ramainya umat muslim di seluruh dunia yang akan menunaikan ibadah haji.

''Masker gunakanlah dengan baik, jadi kita bisa wanti-wanti agar jangan ada satupun jamaah kita yang terjangkit,'' kata Suyatno.

Pelepasan ditandai dengan doa bersama dan langsung masuk ke 9 bus yang disediakan panitia dengan pengawasan pihak Imigrasi Kelas I Batam dan pihak kepolisian.

Bupati H Suyatno terlihat menyalami satu persatu JCH saat akan menaiki bus. Suyatno juga menunggu sampai bus mulai bergerak ke bandara.

Dalam kesempatan itu, hadir perwakilan pejabat dari Pelalawan, Ketua DPRD Rohil Nasrudian Hasan, Plt Sekda Rohil Surya Arfan, Asisten II H Hasrial, Asisten III Ali Asfar, Asisten IV Hj Dahniar, Kepala Kemenag Rohil H Agustiar dan sejumlah pejabat Kepri dan Kota Batam.

Drs H Masjan, Kepala Bidang Haji dan Umroh sebagai Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kota Batam mengatakan, sejauh ini sudah berangkat sebanyak 874 orang dan Rohil dan Pelalawan masuk kloter III dengan jumlah 450 orang.

''Mudah-mudahan petugas haji daerah bisa membimbing jamaah kita, ibadah haji bisa terlaksana dengan baik serta bisa kembali ke tanah air dengan predikat haji mabrur,'' ujarnya.

Advertorial


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker