Daerah

Waspada! Batam Bakal Dilanda Angin Kencang

Gagasanriau.com ,Jakarta-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperingatkan warga Provinsi Kepulauan Riau agar berhati-hati dan mewaspadai angin kencang yang melanda wilayah itu pada Minggu.

 

Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam Nizam Mawardi di Batam, Minggu (2/2), memperkirakan angin kencang bertiup hampir di seluruh wilayah Kepri dengan kecepatan maksimal 40 kilometer per jam.

 

"Untuk transportasi laut diimbau agar lebih berhati-hati terhadap angin kencang dan gelombang tinggi wilayah Kepri," ucap dia.

 

Ia menjelaskan adanya pola-pola daerah tekanan udara rendah di Australia dan terjadinya badai tropis Kajiki di utara Kalimantan menyebabkan banyak massa udara terkonsentrasi di sekitar daerah itu.

 

Hal itu, sambungnya, menyebabkan potensi pertumbuhan awan di wilayah ekuator, seperti Kepri, menjadi rendah.

 

Ia menjelaskan bahwa pola belokan angin yang melalui Kepri tidak disertai kelembaban udara yang rendah, sedangkan kecepatan angin lapisan atas yang tinggi juga mengakibatkan kurangnya pertumbuhan awan.

 

"Sehingga cuaca diperkirakan cerah berawan hingga berawan," imbuh dia.

 

Ia mengatakan bahwa kondisi itu masih kondusif untuk aktivitas darat dan udara.

 

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca Kota Batam pada Minggu pagi cerah berawan dan siang hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5-40 kilometer per jam arah timur laut.

 

Suhu udara di Batam antara 23-30 derajat Celcius dengan kelembapan 60-84 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,8-1,8 meter.(Ant)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar