Daerah

Siap-Siap Gunung Meletus Lagi, Aktivitas Vulkanis Gunung Api Lewotobi Meningkat

Gagasanriau.com ,Jakarta-Aktivitas vulkanis Gunung Api Lewotobi Perempuan di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, terjadi peningkatan. Karena itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menetapkan gunung api tersebut berstatus waspada Level II.

 

"Gunung menyemburkan asap putih. Kami sudah mendapat laporan dari PVMBG, ada penetapan status Gunung Api Lewotobi Perempuan ke waspada level II," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur, Tini Thadeus, di Kupang.

 

Menurut Tini Tadeus, sesuai rekomendasi PVMBG, masyarakat yang bermukim di lereng Gunung Lewotobi Perempuan sudah diperingatkan untuk tetap waspada karena sewaktu-waktu gunung tersebut bisa meletus.

 

"Peringatan dini sudah kami sampaikan kepada masyarakat yang bermukim di kaki Gunung Lewotobi di wilayah Kecamatan Wulanggitang," ujarnya.

 

Jika terjadi erupsi Gunung Api Lewotobi Perempuan, lanjut Tini, lahar yang menyembur akan mengarah ke bagian selatan Kabupaten Flores Timur atau ke arah lautan.

 

Masyarakat setempat, menurut Tini lagi, sudah paham dan tahu cara menyelamatkan diri, karena sudah ada pengarahan-pengarahan sebelumnya.

 

Walaupun demikian, BPBD NTT tetap menyiagakan pola penanggulangan bila benar-benar terjadi erupsi guna melakukan berbagai bentuk penanganan, termasuk mengevakuasi warga.

 

Sementara itu, ungkap Tini, Gunung Api Rokatenda di Pulau PaluE, Kabupaten Sikka, yang meletus pada pada akhir Desember 2013 lalu masih mengeluarkan api dari kawahnya.

 

"Kami juga sudah meminta dan mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak mendekati gunung tersebut," ujarnya. Pihaknya sudah memasang tanda larangan mendekati gunung api tersebut.

 

Masyarakat Pulau PaluE sebelumnya mengungsi ke Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka. Tapi, mereka kini telah kembali ke tempat asal setelah status gunung itu diturunkan.*Asatunews*


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar