Daerah

Pasar Tenaga Kerja Indonesia Terancam Dengan Hadirnya MEA

Gagasanriau.com ,Jakarta-Direktur Eksekutif Center Of Reform on Economics Indonesia (CORE), Hendri Saparini menganggap adanya masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) akan mengancam pasar tenaga kerja Indonesia. Dia khawatir dengan tenaga kerja yang masih rendah, maka asing akan menguasai pasar tenaga kerja di Indonesia.

"Kalau di ASEAN, Singapura yang nganggur 80 persen adalah lulusan Perguruan Tinggi. Malaysia lulusan SMA dan Perguruan Tinggi. Indonesia yang nganggur 79 persen SMP ke bawah. Mereka (asing) lihat peluang pasar Tenaga Kerja kan luar biasa," katanya dalam workshop jurnalistik 'Urgensi Survei dan Sertifikasi Dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN', di Garut, Jawa Barat, Minggu (16/2).

Oleh karena itu dia menganggap penting adanya sertifikasi. Agar tenaga kerja Indonesia terlindungi dari persaingan yang tidak sehat.

Selain itu, juga diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran akibat liberalisasi sektor jasa. "Masalah pengangguran  menjadi repot kalau ga ada standarisasi," ujarnya.*Actual.co*


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar