Daerah

Dinkes Pekanbaru Pekanbaru, Sambangi Sekolah-Sekolah Bagikan Masker

Gagasanriau.com ,Pekanbaru-Kondisi kualitas yang semakin memburuk di Kota Pekanbaru akibat kabut asap dampak kebakaran lahan di Riau membuat suasana belajar menjadi terganggu.

Untuk memberikan perlindungan miniimal kepada pelajar hari ini, Selasa(18/2), Dinas kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru turun ke sejumlah sekolah-sekolah untuk membagikan masker kepada para pelajar dan sekaligus menyampaikan pesan-pesan sehat kepada pihak sekolah.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru Drg Helda Munir yang turun langsung ke MAN Model dan MTs Andalan di Jalan Diponegoro selain membagikan masker kepada para siswa juga menyampaikan himbauan Walikota Pekanbaru Firdaus MT agar pihak sekolah mengurangi aktifitas siswa di luar ruangan.

“Kalau ada kegiatan yang mengharuskan diluar ruangan dan tidak bisa ditunda, maka hendaklah menggunakan masker,’’ ujar drg Helda.

Di sekolah MAN Model, rombongan Diskes diterima oleh Wakil Kepala Sekolah Norer Linda, sedangkan di MTs Andalan tim Diskes diterima oleh Kepala MTs Juli Aris. Di kedua sekolah tersebut dilakukan pemasangan masker kepada siswa secara simbolis.

Helda mewakil Kadiskes menyapaikan kepada para siswa bahwa saat ini berdasarkan alat Instalasi Sistim Pemantau Udara , diketahui bahwa kondisi udara di Kota Pekanbaru berada pada level tidak sehat, maka untuk itu kepada seluruh pihak diajak untuk mengurangi aktifitas di luar rungan.

“Kondisi kabut asap sekarang ini selain menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Penapasan Akut (ISPA) juga akan bisa merusak kulit dan mata. Dan dalam beberapa hari ini Pak Walikota sudah menyatakan bahwa khusus untuk PAUD,TK dan SD kelas I da III diliburkan sampai kondisi udara ini membaik dan sehat,’’ tutur Helda.

Helda juga menjelaskan bahwa pembagian masker tersebut dilakukan Dinas kesehatan secara berantai melalui Puskesmas, yang sampai saat ini sudah terbagi 30 ribu masker melalui Puskesmas.

Yanti


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar