Daerah

Kata Firdaus MT, Setahun Kedepan Pekanbaru Bebas Krisis listrik

Gagasanriau.com ,Pekanbaru-Menurut Walikota Pekanbaru Firdaus MT setahun kedepan kota bertuah ini tidak akan ada pemadaman listrik lagi dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Teluk Lembu.

Walikota Pekanbaru, Firdaus MT meninjau langsung PLTG Teluk Lembu. Dari kunjungan ini diketahui penyebab pemadaman tersebut dikarenakan kerusakan jaringan.

Hal ini disampaikan saat meninjau pembangkit listrik di Teluk Lembu, Kamis (20/2/2014), peninjauan ini dilakukannya disebabkan karena adanya pemadaman selama 2 hari belakangan hingga puluhan jam dan membuat masyarakat Pekanbaru risau.

"Dengan sudah diperbaikinya kerusakan tersebut, tentunya tidak ada lagi gangguan yang menyebabkan pihak PLN memadamkan listrik,"ujar Firdaus usai melakukan peninjauan.

Dikatakan Firdaus meskipun dimusim kemarau seperti ini, kedepannya Kota Pekanbaru tidak ada lagi mengalami kekurangan listik, jika pemasangan 7 unit pembangkit baru dengan tenaga gas, dimana total kekuatannya sekitar 50 megawatt segera beroperasi.

"Diperkirakan  7 unit pembangkit gas ini sudah bisa beroperasi sebelum April atau sebelum Pemilu. Diharapkan persoalan listrik yang setahun terjadi bisa diatasi. Sehingga semua usaha yang dilakukan  dimasyarakat dapat berjalan lancar dan tidak terganggu lagi jika listrik mati,"terangnya.

Lebih jauh dikatakan Firdaus,  saat ini kebutuhan maksimum listrik diKota Pekanbaru sekitar 475 MegaWatt tetapi yang tersedia baru  300 an MW, dengan adanya pembangkit baru ini tentunya bisa menutupi kekuranganya.

"Kita juga informasikan kebutuhan listerik kita kedepan berapa. Dari kondisi ini saja, kita sebenarnya masih kekurangan karena pada jam beban puncak berpotensi pemadaman. Sejalan dengan diizinkan gedung lantai banyak atau lebih dari 30. Ada juga tadi pagi yang mengajukan izin lagi dengan 12 lantai. Diperkirakan konstruksi sudah dimulai 2014. Ini juga butuh listrik, apalagi disaat pengoperasionalkannya ditahun 2016 mendatang. Artinya dibutuhkan energi yang lebih besar,"paparnya.

Yanti

 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar