Daerah

Meski APBD Pekanbaru Waktu Pengesahan Sudah Disepakati,DPRD Masih Mendongkol

Gagasanriau.com.Pekanbaru-Sikap lemah dan tidak konsisten Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pekanbaru terhadap fungsinya dalam tugas-tugas sebagai lembaga negara yang mengawasi dan mengkritisi kebijakan eksekutif tercermin dari putusan politiknya lemah dan tidak konsisten.

Hal ini disikapi dingin, oleh berbagai organisasi rakyat dan mahasiswa yang berharap banyak legislatif dapat menjadi corong kepentingan rakyat dalam fungsi penganggaran.

Media online lokal Riau merilis bahwa meskipun ada kesepakatan waktu untuk segera mengesahkan RAPBD Pekanbaru Tahun 2014 akhir Februari ini, namun tetap hasil yang telah dicapai itu menyimpan kedongkolan di kalangan anggota dewan.

Adalah Fraksi Golkar DPRD Pekanbaru menanggapi dingin APBD 2014 yang bakal ketok palu. Alasannya, dari Rp.2,79 triliun lebih total anggaran, Rp1,4 triliun merupakan program multiyears. Dengan alasan, program multiyears itu tidak memuat anggaran penanggulangan banjir.

Tetapi, hal tersebut tidak diperjuangkan untuk menjadi skala prioritas dalam penganggaran justru DPRD manut dengan usulan Pemko Pekanbaru dalam rapat paripurna beragendakan pandangan fraksi terhadap rancangan APBD senilai Rp2,79 triliun Senin malam (24/2/14).

Dalam RAPBD Pekanbaru 2014 tersebut Pemko mengusulkan proyek-proyek multiyears yang meliputi empat kegiatan, yakni pembangunan sekolah, jalan, kantor, dan rumah sakit yang dianggarkan dalam tiga tahun anggaran, tahun ini sampai 2016.

Meskipun tercantum Rp.50 miliar untuk penanganan banjir di RAPBD 2014 namun nilainya menurut kalangan Dewan masih tidak maksimal. Hal ini pernah disampaikan oleh Dian Sukheri kepada Gagasanriau.com pada kesempatan yang lalu.

Dan apa hendak dikata Fraksi Golkar DPRD Kota pasrah dengan usulan dan keinginan walikota Pekanbaru dalam membuat penganggaran seperti yang disampaikan Roni Amriel.

"Kami hanya berharap Pemko bisa memperjuangkan apa yang menjadi hak masyarakat,"harap pasrahnya.

Ady Kuswanto


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar