Daerah

Bupati Inhil Seriusi Tekan Angka Kematian Ibu Melahirkan

Gagasanriau.com.Tembilahan- Bupati Indragiri Hilir Drs HM. Wardan MP mengatakan bahwa dirinya akan serius menanggulangi angka kematian ibu dan bayi di Inhil menurut data yang ada saat ini di Kabupaten Inhil mendapat rekor tertinggi untuk angka kematian bayi dan ibu.

Keseriusan itu di sampaikan Bupati mengingat bahwa kesehatan merupakan program prioritas utama yang akan di laksanakannya pada tahun anggaran 2014 ini. Sarana dan pelayanan kesehatan akan ditingkatkan untuk mengurangi hal tersebut.

Ungkapan ini disampaikan bupati saat menghadiri acara Forum pertemuan Kepala Dinas Kesehatan se Provinsi Riau dan Lokakarya Penanggulangan Daerah Bermasalah kesehatan Selasa (26/2) yang dilaksanakan di gedung Puri Cendana Tembilahan..

"Melalui di forum pertemuan dan diskusi ini saya mengharapkan mendapatkan sumbangsih pemikiran untuk mengatasi berbagai persolan yang ada di Inhil terutama di bidang kesehatan," katanya.

Terkait permasalahan kesehatan yang ada di Inhil baik dari infrastruktru dan tenaga medis Bupati mengatakan dalam waktu bertahap akan di bangun semua puskemas pembantu setiap desa satu pustu agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan.

" Namun selain itu ada pula kendala di lapangan yakni budaya masyarakat yang tidak suka berobat ke puskesamas atau pustu terkadang masyarakat lebih memilih untuk berobat ke dukun atau meminum obat yang jual diwarung,"ujarnya.

Mengenai adanya pustu namun tidak ada tenaga medi yang bekerja disana Bupati menyampaikan itu akan segera di carikan solusi dengan cara memberikan intensif kepada pegawai yang di tempatkan pada daerah tersebut.

" Ada beberapa daerah di Inhil yang memang untuk menuju kesana di perlukan biaya lebih sehingga banyak pegawai yang di tempatkan namun jarang masuk, ini kedepan akan kita carikan solusinya salah satu diantaranya kita akan memberikan intensif kepada petugas tenaga kesehatan yang di letakan di daerah," imbuhnya.

Findriani/Humas/Advertorial


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar