Daerah

Kata Annas Mammun, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Tak Cocok, Dialihkan Ke Pekanbaru-Sumut

Gagasanriau.com.Pekanbaru-Rencana pembangunan jalan tol Pekanbaru - Dumai sepanjang 126,2 kilometer dengan lebar badan jalan 60 meter dialihkan menjadi Pekanbaru-Rantau Parapat (Sumatera Utara) sesuai dengan pembangunan Jalan Tol Tran-Sumatera.

"Jalan tol dari Pekanbaru-Dumai itu, saya kira perencanaannya tidak cocok. Jalan tol ini kan harus bayar ketika dilewati, tetapi kalau dari Pekanbaru ke Dumai berapalah mobil yang akan lewat. Tentu rugi orang yang punya jalan tol," kata Gubernur Riau Annas Maamun di Pekanbaru, Rabu (26/2/2013).

Pernyataan tersebut disampaikan Annas dalam kata sambutan pada saat menghadiri acara pelantikan pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) cabang Pekanbaru koordinator wilayah Riau periode 2014-2017.

Dia mengaku prihatin dengan pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai yang sudah direncanakan dalam beberapa tahun terakhir, namun tidak terealisasi karena hanya sedikit kendaraan yang bisa melewati, sehingga investor jadi enggan merealisasikan jalur itu.

Kondisi ini berbeda jauh dengan pembangunan jalan tol yang berada di Pulau Jawa, dimana selalu meningkat terutama dari segi kuantitas atau sangat padat kendaraan yang melintasi, sehingga sangat menguntungkan bagi investor.

"Oleh karena itu, nanti akan saya ubah. Jalan tol ini harus dari Pekanbaru menuju Sumatera Utara dan kalau seperti itu modelnya, baru bagus. Sebab, kendaraaan yang paling padat itu menuju ke sana (Sumatera Utara)," katanya.

Untuk mewujudkan jalan tol Pekanbaru-Rantau Parapat, maka pihaknya segera membahas dengan pihak terkait.

"Termasuk dengan tim survei dari Kementerian Pekerjaan Umum dan para investor," ucap Annas.

Kamar Dagang dan Industri Riau pada akhir Januari lalu mendesak pemerintah segera mengeluarkan payung hukum berupa peraturan presiden (perpres) untuk memulai pembangunan Jalan Tol Tran-Sumatera yang menghubungkan dari Provinsi Lampung hingga Aceh sepanjang 2.737,2 kilometer.

"Pembangunan highway Sumatera telah menjadi agenda pemerintah nasional yang katanya pada 2014 ini, sudah mulai direalisasikan. Sementara perpresnya, sampai hari ini belum dikeluarkan," kata Direktur Eksekutif Kadin Riau Muhammad Herwan.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum menyebutkan ada 23 ruas Jalan Tol Trans-Sumatera memiliki panjang 2.737,2 kilometer (km) yakni Bakauheuni-Terbanggi sepanjang 150 km, Terbanggi Besar-Pematang Panggang 100 km, Pematang-Indralaya 108 km, Indralaya-Palembang 22 km, Indralaya-Jambi 242 km dan Jambi-Rengat 190 km.(Ant)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar