Daerah

Wabup Inhil :"Tidak Semua Bantuan Langsung Bisa Diakomodir

Gagasanriau.com, Tembilahan-Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Inhil Rosman Malomo meminta kepada masyarakat yang memiliki keinginan untuk mendapatkan bantuan bibit kelapa bagi petani atau peralatan menangkap ikan bagi nelayan hendaklah mengikuti mekanisme perencanaan pembangunan melalui  Musrenbang.

"Jika menginginkan bantuan tidak serta-merta begitu saja langsung bisa diakomodir, karena harus melalui sesuatu perencanaan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku,"papar Rosman

Hal ini kedepan harus betul-betul disosialisasikan kepada masyarakat bahwa sesungguhnya jika meminta sesuatu keinginan untuk di akomodir dalam kebijakan-kebijakan pemerintah itu ada tenggang waktunya diawali di Musrenbang tingkat Desa hingga tingkat Kabupaten Inhil"sambungnya.

Pada Musrenbang tersebutlah dikatakannya akan diakomodir seluruh keinginan masyarakat, kemudian baru lah dipilah-pilah mana yang bisa diakomodirkan di APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN sehingga diminta kepada seluruh unsur pemerintahan yang berhubungan dengan hal tersebut untuk mensosialisasikan secara tepat kepada masyarakat.

"Selama ini umumnya masyarakat jika memiliki keinginan membuat proposal lalu menyerahkannya kepada Instansi terkait," imbuhnya.

Namun hal ini dikatakan Wabup Inhil lagi, kedepan tidak akan diberlakukan lagi karena semua keinginan masyarakat harus diakomodir melalui Musrenbang.

"Mekanisme perencanaan akan berubah, jadi mungkin ruang untuk menyampaikan aspirasi yang selama ini cukup berhasil, kedepan tidak diberlakukan lagi karena hal seperti itu merusak tatanan pembangunan dan bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Sementara itu juga melihat luasnya Kabupaten Inhil ini dikatakan Wabup memungkinkan seluruh aspirasi masyarakat tidak terakomodir seluruhnya namun pihak Pemkab akan mencarikan solusi dalam mengatasi hal ini agar seluruh aspirasi masyarakat terakomodir seluruhnya.

"Kita minta juga kepada Media untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwasanya jika menginginkan bantuan dari APBD hendanya menggunakan mekanisme yang benar yaitu melalui Musrenbang," pungkasnya

Adventorial/Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar