Daerah

Ratusan Warga Kembali Turun Kejalan, Protes Pemprov Riau terkait Kabut Asap

Gagasanriau.com.PEKANBARU- Ratusan pengunjuk rasa dari Masyarakat Anti Kabut Asap Riau (Masker) melakukan aksi protes dijalan Cut Nyak Dien tepatnya antara Gedung Puswil dan Kantor Gubernur, Jumat (14/3/14).

Aksi protes tersebut terjadi secara damai, dan di kawal oleh puluhan personil kepolisian.
Pengunjuk rasa menyuarakan agar Pemerintah Provinsi Riau segera mengakhiri bencana asap dengan mencabut izin usaha perusahaan yang terlibat membakar hutan.

Pengunjuk rasa menilai selama ini pemprov Riau bermain main dengan bencana asap tersebut. Mereka juga menilai ada permainan yang dilakukan oleh Pemprov Riau dibalik bencana yang sebulan terakhir telah meresahkan warga salah satunya shalat Istiqarah yang dilakukan beberapa waktu lalu dilapangan gedung Gubernur.

Tak hanya melakukan aksi protes, Pengunjuk rasa juga melayangkan beberapa tuntutan kepada Pemerintah Pusat Dan Pemprov Riau.
Adapun 5 tuntutan tersebut ialah :

1. Mendesak Presiden RI segera menetapkan Riau dalam keadaan bencana Nasional akibat Kabut Asap.

2. Mendesak Gubernur Riau untuk menyurati Presiden RI dan menteri Kehutanan agar adanya penghentian penambahan Areal Hak Guna Usaha ( HGU) dan Hutan Tanaman Industri (HTI) serta menuup perusahaan Perusahaan yang terbukti lahan mereka terbakar

3.  Mendesak Kapolda Riau untuk segera menetapkan dan menangkap Para direksi dan direktur perusahaan perusahaan yang membiarkan lahan lahan mereka terbakar.

4.    Hentikan Kanalisasi pada areal areal gambut di Riau

5. Meminta Otoritas Jasa Keunagnan (OJK) agar tidak memberikan Rekomendasi Pencairan dana Asuransi kerja kepada perusahaan karena adanya dugaan kejahatan asuransi dibalik kebakaran Lahan Perusahaan
Dian Rosari


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar