Daerah

Mahasiswa Dukung Presiden SBY Cabut Izin Perusahan Pembakar Lahan

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Teguran yang dilakukan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terhadap perusahan yang membakar hutan di provinsi Riau mendapat dukungan dari para Aktivis Mahasiswa.

Salah satunya yang disampaikan oleh Presiden Mahasiswa UMRI Untung Suropati “Saya Apresiasi dengan apa yang disampaikan oleh presiden kepada para perusahaan nakal untuk tidak lagi membuka lahan dengan cara dibakar, namun alangkah lebih baik jika pemerintah pusat menindak tegas perusahaan – perusahan yang membakar lahan di Riau.

Sebab menurutnya perusahaan harus memberikan manfaat kepada masyarakat, bukan memberikan mudharat terhadap masyarakat Riau “tegas Untung

Selain itu tanggapan lain juga disampaikan oleh Suyeni Aktivis BEM UNRI “Kita menunggu langkah berani dari presiden SBY untuk bertindak tegas terhadap perusahaan pembakar lahan di Provinsi Riau, para perusahaan yang dengan sengaja membakar hutan di provinsi Riau tidak bisa ditolerir lagi sebab ini sudah sangat keterlaluan.

Mereka (perusahaan) sudah sangat dimanjakan oleh pemerintah “kecam suyeni 17 tahun kabut asap terus berulang adalah tindakan tidak manusiawi masyarakat Riau telah menjadi korban tindakan tidak terpuji para perusahaan ini.

Untuk itu kita mengharapkan pemerintah pusat melalui presiden SBY yang hari ini hadir ke Riau untuk mencabut izin perusahaan yang telah membakar hutan di Riau.

Yopi Pranoto (Menteri Sosial Politik BEM Unri) menambahkan Pemerintah harus arus tegas dalam memberikan sanksi kepada para pembakar Lahan di Riau. Ketegasan itu harus dibuktikan oleh para penegak hukum terutama Kapolda Riau.

Selain itu “sambung Yopi Presiden harus berani memerintahkan menteri kehutanan untuk mencabut izin perusahaan di Riau yang terlibat dalam aksi pembakaran. Presiden jangan hanya bicara saja, tetapi harus segera dibuktikan langkah tersebut “tegasnya.

Sebelumnya Presiden SBY telah mengumpulkan perusahaan yang ada diprovinsi Riau dan menghimbau untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Selain itu presiden SBY akan mengejar para pelaku pembakar hutan yang menyebabkan kabut asap di provinsi Riau ini.(Rilis)

 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar