Daerah

Kabut Asap Masih Selimuti Pekanbaru Karena Masih Banyak Lahan Terbakar di Bengkalis

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Masih adanya kabut asap menyelimuti Kota Pekanbaru menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bengkalis, karena masih banyak lahan gambut di daerah tersebut terbakar mengingat minimnya curah hujan.

"Sejak kemarin ada sejumlah titik kebakaran lahan di Kecamatan Bantan dan Bukitbatu," kata Kepala BPBD-Damkar Bengkalis, Muhammad Jalal melalui sambungan telepon di Pekanbaru, Senin (24/3/2014).

Ia mengatakan, upaya pemadaman di kedua lokasi kebakaran hutan dan lahan tersebut masih ditangani Badan BPBD-Damkar Bengkalis dengan juga dibantu Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Kabut Asap Riau.

Untuk kebakaran lahan di Desa Ulu Pulau dan Bantan Tengah, Kecamatan Bantan, upaya pemadaman telah dilakukan sejak Minggu (23/3) dengan berbagai peralatan memadai.

"Namun tim masih kesulitan air. Air memang menjadi kendala utama di lapangan selama upaya mengatasi kebakaran lahan Riau," kata dia.

Terlebih, lahan yang terbakar merupakan kawasan hutan serta perkebunan karet dengan ketebalan gambut yang cukup dalam.

Semuanya menurut dia milik masyarakat setempat dan api masih terus membesar hingga hari ini, katanya lagi.

Ia juga mengatakan, kobaran api terus menjalari kawasan hutan di Desa Ulu Pulau dan kebun karet milik warga di Bantan Tengah.

"Seperti saya katakan tadi, sumber air yang ada di lokasi kebakaran tidak ada sama sekali, sehingga mobil pemadam kebakaran dan petugas harus keluar masuk hutan untuk mencari sumber air," ucapnya.(Ant)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar