Daerah

Tahun ini Pemprov Riau Akan Bangun 5.520 Unit RLH Untuk Masyarakat Miskin

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Pemerintah Provinsi Riau tahun ini akan merealisasikan pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) diseluruh desa di 12 Kabupaten/Kota. Setiap desa akan mendapat 3 unit sehingga seluruhnya yang akan dibangunan sebanyak 5.520 unit.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Desa (BPM Bangdes) Riau, Daswanto kepada Gagasanriau.com, Selasa (25/3/14) mengatakan, program tersebut sedang disusun.

Disebutkannya, rencana pembangunan RLS tersebut dimulai pada bulan Juli dengan menggunakan alokasi dana dari APBD Perubahan Riau.

"Sesuai arahan pak Gubri, pembangunannya sudah dimulai dengan menggunakan APBD Perubahan," ujarnya.

Daswanto mengatakan, proses perencanaannya sendiri dimulai dari proposal desa yang dilanjutkan dengan koordinasi ke kabupaten/kota. Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan data warga miskin versi BPS.

Berikutnya, akan dilakukan penetapan desa sasaran yang dilanjutkan sosialisasi kepada Kades, rekrutmen tenaga pendamping masyarakat (TPM), pelatihan TPM, musyawarah desa tahap awal, pembuatan rekening OMS, serta penyusunan RAB.

Disebutkannya, pihaknya akan tetap berkoordinasi dan konsultasi ke Dinas PU sebagai Satker teknis yang selama ini melaksanakan kegiatan tersebut.

Dian Rosar


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar