Daerah

Warga Miskin Di Provinsi Riau Akan Dapat Jatah 5.520 Rumah Layak Huni

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Berdasarkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2014 ini, Pemerintah Provinsi Riau berencana membangun sebanyak 5.520 unit rumah layak huni yang diperuntukkan bagi warga miskin.

"Direncanakan pada Juli 2014 sudah direalisasikan untuk dibangun," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Desa Pemprov Riau Daswanto di Pekanbaru, Jumat (28/3/2014).

Dia mengatakan bahwa rumah yang dibangun itu untuk warga tidak mampu dan tiap desa terdapat tiga unit.

Menurut dia, langkah operasional program tersebut sedang disusun setelah mendapatkan arahan dari Gubernur Riau Annas Maamun.

Daswanto mengatakan pihaknya tentu berkoordinasi dengan aparat Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Riau sebagai pelaksana proyek.

Namun proyek rumah layak huni itu terdapat pada 1.835 desa dan tersebar pada 12 kabupaten dan kota di Riau.

Dia menambahkan adapun dasar dari penerima proyek rumah tersebut adalah berdasarkan data dari BPS tentang warga miskin.

Agar proyek rumah layak huni itu tetap sasaran, maka harus ada pengawasan secara ketat sehingga yang menerima adalah warga miskin berdasarkan BPS.

Walau begitu, pihaknya tidak menjelaskan berapa alokasi dana yang dikucurkan untuk tiap rumah yang dibangun dengan alasan tertentu.

"Program tersebut pernah juga dilakukan pada tahun sebelumnya yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum," katanya.

Dia menambahkan bahwa pada hakekatnya tujuan program tersebut diantaranya untuk mengentaskan kemiskinan di pedesaan.(Ant)

 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar