Daerah

GEMACIPU: "Suara Pemilih Pemula, Suara Masa Depan Bangsa.

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Dalam rangka meningkatkan angka partisipasi Pemilu 2014, mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Cinta Pemilu 2014 (GEMACIPU) dan bekerjasama dengan KPU Pekanbaru melakukan sosialisasi Pemilu di SMA N 5 Pekanbaru, Sabtu (4/4/14).

Kegiatan sosialisasi Pemilu yang dijalankan oleh mahasiswa dari BEM UNRI dan BEM UIN SUSKA Riau ini sebagai usaha untuk memberikan pendidikan politik serta mengajak kepada para pemilih pemula agar menggunakan hak suaranya pada Pemilu 9 April nanti.

“Kami bersama KPU berusaha untuk menekan angka golput. Jumlah pemilih pemula dalam Pemilu tahun 2014 ini sangat besar, totalnya lebih dari 40 juta pemilih,” terang Yopi Pranoto sebagai Koordinator Gerakan Mahasiswa Cinta Pemilu 2014.

Ditambahkan Yopi, menurutnya pemilih pemula merupakan pemilih yang memiliki pengetahuan masih minim tentang Pemilu. Pemilih pemula juga merupakan pemilih yang mengambang (swings voters).

Biasanya dibutuhkan penggerak untuk menarik simpati para pemilih pemula agar menggunakan hak suaranya.

“Suara pemilih pemula adalah suara yang menggiurkan. Saya pikir apabila para Caleg bisa menyasar pangsa pemilih pemula tentu ini akan berdampak pada peningkatan partisipasi pemilih yang signifikan,” ungkap Yopi.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini yaitu dari komisioner KPU Pekanbaru bidang sosialisasi, Yeli Noviza. Disela-sela menyampaikan materi, Yeli Noviza juga memberikan simulasi pencoblosan untuk surat suara.

“Saya menghimbau kepada masyarakat terutama kepada pemilih pemula untuk datang ke TPS. Berikan suaranya untuk caleg yang bisa menjadi agen perubahan demi perbaikan masa depan bangsa,” tutur Yeli Noviza.

Acara sosialisasi yang berjalan selama satu jam ini disambut riuh semangat para siswa XII IPA dan XII IPS SMA N 5 Pekanbaru yang berada di jalan Belimbing, Tangkerang Tengah. Selain memberikan informasi tentang tips-tips memilih Caleg yang berkualitas.

Mahasiswa juga membagikan doorprize berupa pin dan alat tulis untuk persiapan ujian nasional.(Rilis)

 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar