Daerah

Yopi: “Saya pilih caleg yang berkualitas”

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Hari ini seluruh masyarakat Indonesia dipastikan menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 9 april 2014. Pesta rakyat lima tahunan sekali ini akan menentukan nasib bangsa kedepanya.

Ada banyak masyarakat dari berbagai latar belakang pekerjaan yang akan mencoblos di TPS masing-masing. Salah satunya adalah para mahasiswa yang sedang belajar di kampus Universitas Riau.

Yopi Pranoto, mahasiswa jurusan Sosiologi ini ikut mencoblos di TPS 13 kelurahan Simpang Baru RT 3 RW 3, Panam. Tepat pada pukul 11.20 wib, Yopi datang ke TPS yang berada di jalan Binawidya gang Damai, Rabu (9/14).

“Alhamdulillah Pejabat Pemungutan Suara (PPS) di TPS ini orangnya ramah-ramah. Saya jadi semangat mencoblos,” tutur Yopi.

Dikatakan Yopi, pemilu merupakan proses ajang mendudukkan wakil rakyat. Para wakil rakyat ini nantinya membangun dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Oleh sebab itu, partai politik harus melahirkan politisi yang berkualitas dan memiliki kharakter pejuang.

“Saya tadi pilih caleg yang berkualitas dan punya visi-misi yang bernas,” terang Yopi, mahasiswa yang konsen dengan mata kuliah Sosiologi politik.

Sebagai koordinator Gerakan Mahasiswa Cinta Pemilu 2014 (GEMACIPU) Yopi menambahkan bahwa momen Pemilu seharusnya dijadikan masyarakat untuk mengevaluasi kinerja para wakil rakyatnya. Masyarakat juga harus menggunakan hak pilihnya. Partisipasi politik masyarakat merupakan komponen penting terkait legitimacy Pemilu 2014.

“Masyarakat harus berperan penuh. Golput itu memperburuk keadaan bangsa,” tegas Yopi mahasiswa semester akhir ini.
Menurut Yopi, Pemilu tahun ini lebih berbeda dibandingkan tahun 2009. Selain sistem pencoblosanya, jumlah pemilih juga diramaikan oleh para pemilih pemula. Ada sekitar 40 juta lebih pemilih pemula pada Pemilu 2014.

“Pemilih pemula merupakan pemilih yang cerdas. Namun, tak sedikit pula dari mereka masih mengambang dalam menentukan pilihanya. Dengan kondisi ini kami berupaya melakukan sosialisasi Pemilu dan memberikan pendidikan politik untuk para pemilih pemula,” ungkap Yopi.

Seperti diketahui sebelumnya, Gerakan Mahasiswa Cinta Pemilu 2014 (GEMACIPU) yang bekerjasama dengan KPU Pekanbaru melakukan sosialisasi Pemilu di sekolah-sekolah yang memiliki jumlah pemilih pemula paling banyak. Adapun sekolah yang sudah dikunjungi anatara lain, SMA Negeri 1 Pekanbaru, SMA Negeri 4 Pekanbaru, SMA Negeri 5 Pekanbaru, SMA Negeri 8 Pekanbaru dan SMA Negeri 10 Pekanbaru.(Rilis)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar