Daerah

Akhirnya Pemprov Miliki Kesempatan Kelola Blok Siak

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Kini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tinggal menunggu Peraturan Menteri (Permen) ESDM terkait pengelolaan Blok Siak.

Pasalnya, Kementerian ESDM telah memberikan sinyal positif dengan memberikan kesempatan kepada Provinsi Riau untuk ikut mengelola Blok Siak bersama PT Pertamina.

Setelah dilakukanya pertemuan antara Kemen-ESDM dan Pemprov Riau di Jakarta Rabu lalu (23/4/14) yang diwakili oleh Wakil Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, bersama Wakil Menteri ESDM Susilo Siswo Utomo di Jakarta. Selain dihadiri Wagubri, Bupati Rohil, Bupati Rohul, Bupati Bengkalis dan Bupati Kampar juga hadir.

"Secara lisan, Wakil Menteri ESDM sudah setuju. Kini kita tinggal tunggu surat dari Menteri ESDM"ungkap Andi.

Selanjutnya kata Wagubri, pihaknya akan melakukan konsolidasi internal bersama empat bupati yang daerahnya berada dikawasan Blok Siak. Termasuk membicarakan bagaimana bentuk pola kerjasama BUMD Riau dengan PT Pertamina.

"Ini kan business to business atau B to B, ya jadi, tergantung dari kemampuan kita. Kalau kita ingin mendapatkan porsi yang lebih banyak, tentu kita harus siap juga dengan persyaratannya. Itu menyangkut finansialnya. Itu yang paling utama,"kata Wagubri.

Karena itu lanjut Wagubri, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan pertemuan dengan kabupaten terkait. Dari pertemuan itu, akan diketahui berapa persentase yang diajukan masing-masing daerah.

"Kita akan duduk bersama, bagaimana porsi ini. Dari hasil pertemuan dengan kabupaten terkait ini, akan dijadikan bahan kita negosiasi (dengan PT Pertamina)"tutupnya.

Dian Rosari


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar