Daerah

Bupati Inhil Buka Seminar Sehari Program Desa Maju Inhil Jaya

Gagasanriau.com, Tembilahan-Bupati Inhil, HM Wardan secara resmi membuka Seminar Sehari Program Desa Maju Inhil Jaya Kabupaten Inhil tahun 2014, di Gedung Daerah Engku Kelana, Jalan Baharuddin Jusuf Tembilahan, Senin (28/4/14).

Tampak hadir saat itu, Wakil Bupati H Rosman Malomo, Unsur Muspida, para Kepala Dinas, Badan, Kantor dan Kepala Bagian di lingkungan Pemkab Inhil, serta Camat, Lurah, Kepala Desa dan tokom masyarakat di Kabupaten Inhil.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, titik berat dalam pelaksanaan Program Desa Maju Inhil Jaya ini adalah kepada Kepala Desa, yang merupakan pelaksana, penanggung jawab dan penerima dana tersebut. Untuk itu, diharapkan program unggulan ini dapat dikelola secara baik dan benar, agar pengalokasian dananya tepat sasaran dan bisa dipertanggungjawabkan.

Selain itu, yang penting melalui program ini adalah apa yang menjadi keinginan dan aspirasi masyarakat dalam rangka mempercepat pembangunan di daerahnya dapat tercapai.

“Harus ada sinkronisasi program antar desa, seperti untuk membuka akses isolasi dengan membangun jalan dan jembatan. Sehingga, nantinya antara desa satu dan desa lainnya sudah terhubung dengan baik,” tutur Bupati, Wardan.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Inhil, H Yulizal menjelaskan bahwa seminar sehari tersebut mendatangkan narasumber dari perwakilan Direktorat Jendral PMD dengan materi pemberdayaan masyarakat dalam rangka pembangunan desa, serta Dosen Universitas Andalan Padang, Edy Indrizal dengan materi penentuan indikator tingkat perkembangan desa.

“Kegiatan ini juga diisi dengan stimulasi pengisian tabel indikator tingkat perkembangan desa oleh Bupati Inhil. Sedangkan para pesertanya berjumlah sebanyak 290 orang, terdiri dari 236 Kades dan Lurah, 20 Camat, 22 perwakilan Dinas dan Instansi, serta 12 tokoh masyarakat di Kabupaten Inhil,” tandasnya.

Advertorial/Ragil Hadiwibowo

 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar