Daerah

Hati-Hati Virus MERS Serang Pekanbaru

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru harus disibukkan dan menghimbau masyarakat agar berhati-hati dengan serangan penyakit virus mematikan yakni Korona Middle East Respiratory Syndrome (MERS) yang ditemukan di sekitar lingkungan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di jalan Garuda untuk itu.

Menurut Plt (Diskes) Kota Pekanbaru, Helda ketika ditemui, Selasa(6/5) mengatakan bahwa untuk mangantisipasi penyebaran virus yang mematikan ini. Pihaknya sudah menghubungi seluruh Kepala Puskesmas melalui via telfon disamping surat edaran untuk waspada virus MARS tersebut.

"Hal ini kita lakukan agar Kepala Puskesmas memerintahkan petugas survelan untuk antisipasi dan waspada dini terhadap penyebaran viirus MARS tersebut,"ujarnya.

Helda juga menambahkan, pihaknya tidak saja meminta pihak Puskesmas yang waspada. Namun para jamaah yang baru pulang umroh. Hal ini dilakukan untuk mengantisifasi. Masyarakat juga diminta mau memberikan informasi jika memang ada ditemukan ciri-ciri virus Mars diderita masyarakat.

"Masyarakat bisa menginformasikan ke pihak Diskes maupun Puskesmas jika menemukan adanya ciri-ciri virus masr yakni demam tinggi disertai batuk-batuk dan sesak napas. Sehingga kita bisa melakukan onservasi terhadap penyebaran virus tersebut,"terangnya.

Menurut Helda, hari ini pihaknya bersama Dinas Kesehatan Provinsi sudah lakukan pemeriksaan labolatorium kepada warga yang diduga terjangkit virus Mars.

"Pemeriksaan Lab ini akan dikirim diPusat untuk mengetahui apakah pasien positif terjangkit virus mars,tutupnya.

Rina


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar