Daerah

Nihil Penerimaan CPNS, Pemkab Meranti Fokus Tingkatkan Kualitas Daripada Kuantitas

Gagasanriau.com Pekanbaru-Gagasan untuk lebih meningkatkan kualitas daripada kuantitas oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk meniadakan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten termuda di Provinsi Riau ini patut diapresiasi.

Seperti yang disampaikan oleh Bupati Kepulauan Meranti, Riau, Irwan Nasir menyatakan belum berencana menambah jumlah pegawai negeri sipil, melainkan akan mengoptimalkan kinerja PNS yang sudah ada sehingga tidak menambah keluhan masyarakat, dan supaya tidak menguras keuangan negara.

"Meranti tidak akan menambah jumlah PNS sampai benar-benar mendesak," kata Irwan kepada pers di Pekanbaru melalui telepon, Minggu malam (25/5/2015).

Menurut dia, PNS yang saat ini telah ada haruslah dioptimalkan dan jika pelayanan ke masyarakat sudah membaik, baru akan ada rencana untuk membuat lebih baik lagi.

"Sekarang tidak, banyak pemerintah daerah kabupaten atau kota yang malah sebenarnya sudah kebanyakan jumlah PNS. Mereka sebagai pegawai negeri cenderung bermalas-malasan dan orientasinya lebih kepada uang. Ini yang haris diperbaiki," katanya.

"Kami tidak mengusulkan kuota penerimaan CPNS hingga tahun depan. Lebih baik jumlah PNS sedikit namun berkualitas, ketimbang banyak namun tidak berkualitas," katanya.

Ia mengharapkan tingkat kesejahteraan PNS yang sudah baik, dapat diimbangi dengan kinerja yang baik pula oleh sumber daya PNS yang berkualitas.

Nilai positif lainnya atas kebijakan penundaan penerimaan CPNS di Meranti hingga 2015, jelas Irwan, yakni
dapat melakukan penghematan biaya belanja pegawai dalam APBD.(Ant)
Tata Haira


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar