Daerah

Jembatan Siak IV Sudah Habiskan Rp 370 M Dan Akan Ditambah 9 Bulan Pengerjaan

Gagasanriau.com Pekanbaru-Menurut Azis Zaenal anggota Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau seperti yang dilansir oleh media online lokal jembatan Siak IV telah menghabiskan dana Rp 370 milyar dan akan ditambah lagi masa pengerjaannya menjadi sembilan bulan lagi.

"Ini kita hitung-hitung perlu sembilan bulan lagi untuk menyelesaikan phylon dan bentang kabel utama. Jadi kontraknya harus diamandemen lagi," kata ketua Komisi C DPRD Riau, Aziz Zaenal di Pekanbaru.

Kontrak baru tersebut, lanjutnya, minimum harus satu tahun karena kontrak yang ada saat ini hanya sampai akhir Desember. Sedangkan saat ini sudah menginjak bulan kelima dan hanya menyisakan tujuh bulan lagi.

Ia menyampaikan bahwa saat ini jembatan Siak IV pembangunan kondisi fisiknya baru mencapai 70 persen dan dana yang telah terpakai berjumlah Rp370 Miliar.

"Setelah dicek, dana dibutuhkan untuk penyelesaian jumlahnya 70-80 miliar untuk menyelesaikan dua phylon. Yang satu baru 25 meter dan satunya lagi 18 meter. Jadi baru 30 persen,"terangnya.

Lebih lanjut ia katakan untuk menyelesaikan satu pasang "phylon" atau tiang penyangga sisi kiri dan kanan untuk menempatkan kabel dari seberang ke seberang itu menyisakan 70-75 meter lagi.

Sementara itu, kata dia, Dinas Pekerjaan Umum (PU) mengkhawatirkan jika tidak diatasi pembangunan ini, barang yang sudah dibeli akan hilang berupa kabel dan besi jika kontrak berakhir Desember 2014.

"Oleh karena itulah harus segera menunjuk dan menenderkan setelah jembatan itu diaudit,"ujarnya.

Aziz mengatakan bahwa dari audit Badan Pemerikasa Keuangan Provinsi (BPKP) Riau ada temuan kontraktor mengembalikan kelebihan pembayaran keuangan negara sebesar Rp500 juta.(Ant)
Tata Haira


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar