Daerah

Hadiri Haul Syekh Abdurrahman Siddiq ke 77 Pemkab Inhil Utus Staf Ahli

Gagasanriau.com. Kuindra-Bupati Indragiri Hilir (Inhil) yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Sar'I menghadiri Peringatan Haul Syekh Abdurrahman Siddiq Al-Banjari.

Dihadiri juga pada kesempatan itu unsur muspida, camat, serta upika Kecamatan Kuindra dan ribuan jamaah yang berasal dari Kalimantan Barat, Tungkal, serta Tanjung Jabung Barat jambi.

Peringatan Haul ke 77 Syekh Abdurrahman di awali denngan wirid akbar selama 3 hari sebelum di laksanakan hari puncak. Pada Haul kali ini juga dibacakan manakib atau sejarah semasa syekh abdurrahman hidup.

Sambutan Bupati Inhil yang di bacakan staf Ahli Bupati Sar’i mengatkan Syekh Abdurrahman Shiddiq atau yang lebih dikenal dengan panggilan kehormatan “Tuan Guru” adalah seorang Ulama Besar yang Kharismatik.

"Beliau pernah menjabat Mufti Kerajaan Indragiri dari Tahun 1910 s/d 1937," paparnya.

Selain itu, kata Sar'I, beliau juga seorang sosok ulama yang cerdas, terbukti dengan banyaknya tulisan-tulisan yang dijadikan rujukan.

Fakta ini menjadikan Syekh Abdurrahman Shiddiq tidak hanya dikenal di Indragiri saja, bahkan nama Beliau cukup tersohor di negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

"Kebesaran nama Syekh Abdurrahman Shiddiq merupakan bukti kiprah Beliau dalam membangun ummat yang berpondasikan Islam cukup diperhitungkan dan bisa dikatakan sukses," imbuhnya.

Perjuangannya mensyiarkan ajaran Rasulullah di masa lalu bisa kita lihat hasilnya saat ini, dimana murid beliau tersebar di berbagai daerah, selain di Indragiri, juga di Jambi, Palembang, Kalimantan, hingga Malaysia dan Singapura.

"Selanjutnya adalah tugas kita bersama untuk melanjutkan perjuangan Beliau. Mulailah dari keluarga, hingga ke lingkungan masyarakat luas. Mari kita biasakan hidup berkeluarga dalam nuansa yang Islami, agar kita terbiasa menjalani kehidupan dunia dengan berpegang teguh pada ajaran-ajaran Islam"paparnya.

"Hal ini penting untuk membangun karakter anak-anak kita yang kelak akan menjadi penerus pembangunan,"katanya.

Pada Haul ini juga menghadirkan penceramah KH Rudi Khairuddin yang dalam tausiahnya menjelaskan sifat-sifat para ulama yang patut diteladani, seperti Sabar, Pemurah dan bijaksana dalam mengambil keputusan.
Advertorial/Humas/Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar