Daerah

Alimuddin Sekda Buka FGD untuk KLHS Kabupaten Inhil 2014-2019

Gagasanriau.com Tembilahan-Sekretrari Daerah (Sekda) Kabupaten Inhil H alimuddin RM membuka secara resmi Forum Group Discussion (FGD) untuk Kajian Lingkungn Hidup Strategies (KLHS) untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Inhil 2014-2019 yang diselenggarakan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Inhil pada Selasa (3/6/14) di Aula Bappeda Inhil.

Dalam sambutannya, Sekda mengtakan tujuan pelaksana FGD ini dilakukan guna memastikan keterlibatan stakeholder atau prinsip prtisiptif telah dilksanakan dalam pelaksanaan KLHS.

“Hasil akhir dari proses KLHS ini diharapkan mampu memberikn perumusan alternatif penyempurnaan dalam memberikan rekomendasi perbaikan untuk RPJM Kabupaten Inhil, sehingga prinsip pembngunn berkelanjutan telah diintegrasikan,”jelas Sekda.

Ditambahkannya pula, kegiatan ini penting agar pemerintahan daerah selain dapat mencapai prioritas dan sasaran pembangunan daerah dalam upaya mewujudkan visi, misi dan program kepala daerah terpilih.

“Ini juga dapat mengantisipasi munculnya rencana program yang tidak tepat sasaran, serta dapat menyelaraskan aspek sosial, ekologi dan ekonomi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Inhil 5 tahun kedepan dan diharapkan seluruh peserta FGD untuk mengikuti rangkaian acara hari ini sampai penyepakatan hasil akhir,”harapnya.

Sementara itu, Kepala BLH Encik Kamal Syahindra menambahkan manfaat yang diperoleh dengan melakukan KLHS untuk RPJM adalah untuk mencegah kesalahan investasi dengan mengingatkan para pengmbil keputusan akan adanya peluang pembangunan yang tidak berkelanjutan sejak tahap awal proses pengambilan keputusan.

Peserta sendiri adalah dari SKPD terpilih, kelompok kerja pengendalian lingkungan, stake holder terpilih, kalangan dunia usaha, kalangan akademisi, dan LSM serta narasumber yang merupakan tenaga ahli yang ditunjuk dari Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerin dalam Negeri yaitu Adhi Wiyana dn Dwi Nurcahyadi.
Advertorial/Humas/Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar