Daerah

Wardan :"Inhil Daerah Terbesar Di Dunia yang Ditumbuhi Pohon Kelapa.

Gagasanriau.com Tembilahan-Dilatar belakangi dengan letak geografisnya dan sebagian besar masyarakatnya berprofesi petani terutama kelapa, pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir berkomitmen mempertahankan keberadaan kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir. Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Inhil HM Wardan, dalam sambutannya saat menghadiri salah satu kegiatan di aula Kantor Bappeda Kabupaten Inhil, Jalan Akasia Tembilahan, belum lama ini.

Menurut Bupati Kabupaten Inhil HM Wardan memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang cukup berlimpah dan beraneka ragam, seperti wilayah perkebunan kelapa yang mencapai luas sekitar 393 ribu hektare, yang merupakan salah satu mata pencarian dan lahan penghidupan bagi masyarakat.

"Kalau boleh dikatakan, untuk wilayah kabupaten, Inhil merupakan daerah terbesar di dunia yang ditumbuhi dan ditanami pohon kelapa. Jadi, sesungguhnya kelapa adalah identitas Kabupaten Inhil, yang bisa dijadikan sebagai potensi unggulan dari daerah ini," tutur Bupati.

Kendati demikian, lanjut mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini, sekarang sudah lebih dari 100 ribu hektare lahan perkebunan kelapa masyarakat yang terkena intrusi air laut, yang berdampak pada tak berfungsi dan tak produktifnya hasil dari perkebunan kelapa, sehingga masyarakat banyak mengalihfungsikan lahannya menjadi perkebunan kelapa sawit.

"Saya akan tetap mempertahankan kelapa sebagai pohon kehidupan di Kabupaten Inhil, salah satunya melalui Program Gerakan Masyarakat Tanam dan Pelihara Pohon Kelapa. Kemudian, kita juga sudah mulai menanam kelapa hias di sejumlah titik jalan di Kota Tembilahan,"terangnya.
Advertorial/Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar