Daerah

Terkait Dugaan Korupsi Bansos UIR, Kejati Akan Lakukan Pemanggilan Saksi Kembali

Gagasanriau.com Pekanbaru-Terkait dugaan korupsi dana Bansos yang disalurkan kepada pihak Universitas Islam Riau (UIR) menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kejaksaan Tinggi (Kabaghumas Kejati) Riau akan dilakukan pemeriksaan saksi-saksi kembali dan saat ini masih dalam proses pemberkasan.

"Saat ini kita masih dalam pemberkasan, dan memang akan dilakukan pemanggilan kembali kepada saksi-saksi untuk dimintai keterangan setelah usai pemberkasan ini"kata Andri Ridwan di Pekanbaru, Selasa (10/6/2014).

Dijelaskan lebih lanjut oleh Andri, bahwa pemeriksaan akan dilakukan masih seputar internal dari petinggi-petinggi Universitas Islam Riau (UIR) dan belum ada arah untuk meluaskan pemeriksaan ke instansi Pemerintah Provinsi Riau, dalam hal ini yang mengeluarkan dana Bansos tersebut.

Pihak UIR sendiri, ketika dihubungi oleh Gagasanriau.com ketika dimintai konfirmasi terkait rencana pemeriksaan saksi-saksi, melalui Rektornya, Detry Karya mengatakan bahwa pihaknya belum menerima surat panggilan atau pemberitahuan untuk pemeriksaan kepada petinggi kampus Islam tersebut.

"Sampai sejauh ini, belum ada pemberitahuan atau secara tertulis kepada UIR"kata Detry Karya singkat.

Dugaan korupsi ini berawal sewaktu pihak UIR mengadakan penelitian bersama Institut Alam dan Tamandun Melayu, Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) tahun 2011-2013.

Karena ketiadaan dana, UIR kemudian mengajukan bantuan dana kepihak Pemprov Riau. Hal hasil, Pemprov Riau pun memberikan hibah dana sebesar Rp 2,8 miliar. Sehingga penelitian itu dilaksanakan dan berjalan.

Namun dalam laporannya, ditemukan penyimpangan pertanggungjawaban bantuan dana tersebut. Beberapa item penelitian sengaja di-markup.

Atas temuan ini, penyidik Kejati menemukan pelanggaran melanggar pasal 2 ayat 1 dan atau pasal 3 Undang Undang nomot 31/1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang Undang nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke 1.
Tata Haira


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar