Daerah

FPPIU Gelar Sosialisasi Rekomendasi Persetujuan Pemekaran Inhil Utara

Gagasanriau.com Tembilahan-Sabtu malam (09/08) bertempat di Hotel Bobby In Sungai Guntung Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diadakan Sosialisasi rekomendasi persetujuan Bupati HM Wardan terkait pemekaran Inhil Utara oleh Forum Percepatan Pemekaran Inhil Utara (FPPIU).

Hadir dalam Acara Sosialisasi seluruh tokoh masyarakat dan unsur pemerintah lima kecamatan yang termasuk dalam wilayah Inhil Utara. Kelima kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kateman, Pelangiran, Pulau Burung, Mandah dan Teluk Belengkong.

Ir Saripek salah seorang tokoh masyarakat sekaligus menjadi ketua Forum Percepatan Pemekaran Inhil Utara (FPPIU) dalam kesempatan tersebut menerangkan bahwa pertemuan tersebut adalah guna membahas persiapan-persiapan yang diperlukan untuk proses pemekaran.

“Dalam kesempatan ini kita membahas tentang rekomendasi pak Bupati yang telah menyetujui pemekaran. Ada bebarapa poin penting yang harus kita penuhi untuk kelancaran proses pemekaran ini,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, salah satu poin penting yang harus dipenuhi untuk melengkapi syarat pemekaran suatu wilayah adalah tersedianya tanah hibah untuk wilayah perkantoran.

“Alhamdulillah, malam itu kita telah mendapatkan tanah hibah seluas 53 hektar yang berlokasi di Sungai Guntung Kecamatan Kateman. Perlu diketahui Sungai Guntung merupakan salah satu daerah yang dianggap sangat layak untuk menjadi pusat pemekaran menurut penelitian yang dilakukan oleh Tim UI,” kata Ir Saripek.

Masyarakat Inhil Utara akan terus memperjuangkan percepatan pemekaran Inhil Utara demi kemakmuran dan kenyaman masyarakat terutama untuk bidang birokrasi yang selama ini dianggap terlalu jauh.

“Kita masyarakat Inhil Utara harus menggunakan jalur laut untuk sampai ketembilahan karena ingga kini tidak tersedia akses darat. Kondisi geografis yang berawa-rawa menyebabkan rentang kendali birokrasi sangat jauh,” katanya.

Ir Saripek berharap proses pemekaran Inhil Utara ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa terwujud dengan segera dan keinginan masyarakat terutama dalam sektor birokrasi bisa terwujud.

“Itulah harapan kita. Kita sangat mengharapkan dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen baik itu dari masyarakat maupun dari pemerintahan agar apa yang kita inginkan ini bisa secepatnya terealiasi,” harapnya.

Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar