Daerah

Pemko Pekanbaru Tidak Respek Kepada Veteran RI

Gagasanriau.com Pekanbaru-Pemerintah Kota Pekanbaru dinilai tidak respek dengan perjuangan para pahlawan kemerdekaan pasalnya hingga kini nilai-nilai sejarah yang diajukan oleh Korps veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Riau menyatakan kesedihannya karena Jalan Veteran yang ada di Kota Pekanbaru hanyalah gang kecil, tidak seperti kota lainnya di Indonesia.

"Yang kita sedihkan sampai saat ini tidak tampak Jalan Veteran. Saya pernah dengar tetapi katanya hanya gang kecil," kata Ketua LVRI Riau, Soegirinoto di Pekanbaru, Sabtu (16/8/2014) dikutip dari antara.

Ia mengatakan, usulan untuk adanya nama Jalan Veteran telah dilakukan tetapi sampai saat ini belum disetujui walikota. Menurutnya, apabila Pekanbaru punya nama jalan itu, tentu suasana peringatan kemerdekaan akan terasa.

Selain nama Jalan veteran, ia juga menyayangkan tidak banyaknya nama-nama jalan dengan nama pahlawan Riau maupun Pekanbaru. Hal tersebut, lanjutnya, sangat berguna bagi generasi muda Riau untuk mengenali pahlawannya.

Saat ini, katanya, ketika ditanyakan kepada anak muda dan mahasiswa tentang Letkol Hasan Basri saja, tidak ada yang tahu. Padahal, sambungnya, dia itu adalah Jendral Sudirman Pekanbaru. "Belum lagi nama pahlawan-pahlawan Riau lainnya yang banyak belum terungkap," cetusnya.

Setahun yang lalu, LVRI pernah mengusulkan secara resmi agar Jalan Riau diganti nama menjadi jalan Veteran. Usulan ini disampaikan sejak tahun 2012 lalu tapi belum terealisasi.

Usulan nama Veteran sebagai pengganti Jalan Riau sudah tepat karena di sanalah bendera merah putih pertama kali dikibarkan di Pekanbaru. Hal itu sebagai simbol perjuangan rakyat Pekanbaru yang juga merasakan kemerdekaan.

Dengan tidak adanya simbol-simbol perjuangan sepeti itu, kata dia, nasionalisme akan sangat tipis sekali. Hal tersebut terlihat dengan tidak adanya pemasangan bendera di toko-toko Pekanbaru.

"Saat ini jiwa nasionalisme di Indonesia, Riau, dan Pekanbaru khususnya sangat tipis sekali. Dari Jalan Tuanku Tambusai sampai Jalan Sudirman tidak ada toko-toko yang pasang bendera," katanya.

Diaz Bagus Amandha


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar