Daerah

Bupati Inhil: “Pramuka Sebagai Pembentukan Karakter, Pendidikan Formal Saja Tidak Cukup

Gagasanriau.com Tembilahan-Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal akan melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak-anak dalam keluarga, dan pendidikan formal di sekolah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Inhil HM Wardan saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-53 Tahun 2014 yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Gajah Mada Tembilahan.

“Pendidikan formal saja tidak cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter,”sebut Wardan Kakak Pembina Cabang 02 (Kamabicab 02) Gerakan Pramuka Inhil saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Senin (18/8/14).

“Sementara persoalan kaum muda sering terjadi diantara rumah dan sekolah, maka menjadi penting peranan Gerakan Pramuka dalam mengatasi permasalahan kaum muda yang terjadi tersebut,” paparnya.

Untuk itu dia mengharapkan kerjasama sinergis antara lembaga pendidikan formal, non formal dan pendidikan informal dalam keluarga sangatlah penting dan menjadi keharusan. Dikatakan Wardan bahwa kemajuan bangsa dan negara dalam dua puluh, tiga puluh atau lima puluh tahun yang akan datang, terletak di tangan kaum muda.

“Kaum muda saat ini akan menjadi pelaku sejarah yang menentukan kemajuan bangsa kita. Kita ingin pada peringatan 100 tahun kemerdekaan bangsa kita, di tahun 2045 mendatang, bangsa kita telah tampil sebagai bangsa yang unggul dan maju,” tandasnya. Setelah melaksanakan upacara Kamabicab 02 memberikan penghargaan kepada para pembina pramuka.

Advertorial/Humas/Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar