Daerah

Bupati Serahkan 25 Unit Alsintan kepada Kelompok Tani Inhil

Gagasanriau.com Tembilahan-HM Wardan Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) memberikan bantuan sebanyak 25 unit peralatan mesin pertanian (Alsintan) kepada perwakilan kelompok tani dan sekaligus melakukan panen raya tanaman benih padi di Balai Benih Utama, Kelurahan Pekan Arba, Kecamatan Tembilahan, Rabu (20/8/14) petang.

Pada kegiatan penyerahan alat dan panen raya tersebut hadir Wakil Bupati Inhil Rosman Malomo, unsur muspida, Sekretaris DTPH Provinsi Riau, Pimpinan BI Perwakilan Riau, sejumlah pejabat eselon, serta Kepala dan jajaran di lingkungan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Inhil.

Wardan mengharapkan kepada para kelompok pertanian yang menerima alat tersebut bisa dimaksimalkan pemanfaatannya oleh petani dalam rangka meningkatkan hasil produksi tanan.

“Jangan sampai ini menjadi besi tua yang hanya disimpan di gudang. Jadi, harus ada pemantauan oleh dinas terkait terhadap bantuan-bantuan alat yang diberikan kepada kelompok tani dan petani ini,” ungkapnya.

Kabupaten Inhil harus tetap dan mampu mempertahankan potensi yang dimilikinya, yakni sebagai daerah penyumbang padi terbesar di Bumi Lancang Kuning.

“Gunakan peralatan ini dengan maksimal, serta tanaman dengan menggunakan benih yang bagus dan pelihara sebaik mungkin, sehingga hasilnya memuaskan,” katanya.

Sekretaris DTPH Riau, Mazaman HZ menyatakan, Inhil merupakan kabupaten pertama penyumbang beras terbesar di Provinsi Riau. Oleh karena itu, harus terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi di masa mendatang.

“Untuk mempertahankan prestasi ini, maka harus dilakukan berbagai langkah, diantaranya mengamankan kawasan-kawasan pengembangan tanaman pangan terutama padi yang sudah ada ini, agar tidak bergeser untuk kepentingan lain,” terangnya.

Kepala DTPHP Inhil, H Wiryadi mengatakan, keberadaan BBU Pekan Arba ini diharapkan dapat menyumbang benih yang bermutu bisa dimanfaatkan oleh para petani yang ingin bercocok tanam padi.

Apalagi, di lokasi tersebut telah ditanam padi 2 kali dalam setahun. Dimana, untuk musim ini ditanam pada pada lahan seluas 7 hektar dari totak 17 hektar lahan yang tersedia.

“Varitas padi yang ditanam adalah lentik bamban, karang duku, bujang berinai dan ceko putih,” imbuhnya.

Adapun bantuan 25 Alsintan yang diberikan tersebut, berupa 20 unit Hand Traktor Roda 2 Singkal, 3 unit Cultivator (Pengolah Lahan Kering) dan 2 unit Chover (Pencacah Sampah).

Advertorial/Humas/Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar