Daerah

Dari 1,3 Juta Unit Kendaraan Di Riau, 300 Ribu Unit "Nunggak" Pajak

Gagasanriau.com Pekanbaru-Tunggakan pajak kendaraan bermotor di Provinsi Riau mencapai 300 ribu unit dari 1,3 juta unit kendaraan yang tercatat di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) provinsi, hal ini terungkap berdasarkan dari hasil hearing ( dengar pendapat) Komisi B DPRD yang membidangi ekonomi.

"Jumlah kendaraan semuanya lebih kurang 1,3 juta, yang nunggak pajak itu 300 ribu unit lebih, baik itu roda dua dan roda empat," kata Ketua Komisi B DPRD Riau, Zukri Misran di Pekanbaru, Sabtu (23/8/2014) dikutip dari antara.

Menurut dia, berdasarkan "hearing" yang dilakukan dengan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Jumat lalu, penunggakan banyak terjadi karena kendaraan yang ditarik oleh "leasing" atau perusahaan pembiayaan.

"Karena ditarik tentu belum bayar, mungkin mereka menunggu ada yang mengajukan kredit lagi atau membeli," ulasnya.

Selain itu, ada juga alasan karena wilayah Riau yang banyak perkebunan sehingga membuat keengganan masyarakat membayar pajak. Masyarakat berpikir kendaraan digunakan hanya di sekitar kebun yang letaknya di pelosok sehingga tidak mungkin ditangkap polisi akibat belum bayar pajak.

Bruri MP


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar