Daerah

Andi Rachman Jabat Plt Gubernur Riau

Gagasanriau.com Pekanbaru-Arsydjuliandi Rachman ditetapkan menjadi Pelaksana Tugas Gubernur Riau menggantikan Annas Maamun sesuai rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri. Maamun tidak bisa melanjutkan kewenangannya lagi sebagai gubernur setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Arsyadjuliandi, yang sebelumnya menjabat Wakil Gubernur Riau, menerima langsung Surat Keputusan penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau dari Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Djohermansyah Djohan di aula Kediaman Gubernur Riau di Pekanbaru, Selasa (7/9/2014) dilansir oleh antara.

Dasar hukum penunjukan melalui Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 122.14/5280/SY perihal Penugasan Wakil Gubernur Riau sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Riau.

"Acara penyerahan SK ini biar berjalan sederhana, tapi penuh makna. Saya berharap ada pembelajaran bagi pejabat dan masyarakat Riau," kata Djohermansyah Djohan.

Djohermansyah kemudian memberikan arahan terkait tugas dan kewenangan kepala daerah berdasarkan Undang-undang (UU) Pemerintahan Daerah No. 23 Tahun 2014 yang baru disahkan pada 2 Oktober lalu.

Ia mengatakan kepala daerah yang ditangkap karena masalah hukum dan menjadi tersangka, maka tidak bisa lagi menjalankan tugas dan kewenangannya sesuai UU Peraturan Daerah.

Karena itu, wakil kepala daerah otomatis harus melaksanakan tugas dan kewenangan gubernur sesuai dengan Pasal 65 ayat 1 dan 65 ayat 2 UU Pemerintahan Daerah. Meski begitu, ia mengatakan Annas Maamun kini masih menjadi Gubernur Riau secara defenitif, dan baru akan diberhentikan sementara ketika statusnya jadi terdakwa.

"Status beliau belum diberhentikan. Secara yuridis formal masih gubernur Riau, tapi Gubernur Riau yang dilarang untuk melaksanakan tugas dan wewenangnya," ucapnya.

Ia berharap agar semua unsur Muspida dan masyarakat Riau bisa membantu serta mendukung Arsyadjuliandi Rachman menjalankan tugasnya sebagai Plt Gubernur Riau.

Arsyadjuliandi mengatakan akan menjalankan tugas selaku Plt. Gubernur Riau dan berjanji untuk amanah. "Saya mohon dukungan dari semua pihak," ujarnya.

Diaz Bagus Amandha


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar