Daerah

Walhi Desak Gubri Annas Maamun Ungkap Keterlibatan Menhut Terkait Korupsi Kehutanan

Gagasanriau.com Pekanbaru-Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Riau mendesak agar Gubernur Riau Annas Maamun juga mengungkapkan keterlibatan pemain besar yakni Menteri Kehutanan Zulkfili Hasan dalam kasus korupsi kehutanan yang saat ini menjerat orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning tersebut.

Dalam hal ini, Walhi Riau juga mendesak agar Komisi Pemberantasan Korupsi turut memeriksa mantan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan yang sekarang menjabat Ketua MPR RI berkaitan dengan kasus suap alih fungsi lahan yang menjerat Annas Maamun.

"Kuncinya ada pada Gubernur Annas Maamun. Jika yang bersangkutan bersedia memberikan informasi yang luas kepada penyidik, tentu bukan tidak mungkin akan mengarah pada Menhut," kata Direktur Eksekutif Walhi Riau Riko Kurniawan seperti dilansir dari antara.

Menurut dia, kasus yang sedang dihadapi Annas Maamun erat kaitannya dengan disahkannya Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau oleh Zulkifli Hasan saat masih menjabat sebagai Menhut.

Karena menurut informasi, lanjut kata dia, RTRW Riau masih sempat direvisi sehingga banyak perusahaan kehutanan dan perkebunan mengajukan pemutihan atas kelebihan lahan yang dikelolanya.

"Hal ini juga menguatkan bahwa sebenarnya kasus yang sedang dihadapi gubernur tidak dilakukan secara tunggal, melainkan ada kelompok. Maka menjadi tugas KPK untuk mengembangkannya," kata dia.

Menurut dia, penyidik KPK juga harus memeriksa korporasi pengelola hutan dan lahan di Riau.

Hal itu, menurut dia, bisa diselidiki lewat aliran dana yang diterima Annas Maamun. "Kasus ini sepatutnya tidak dialami oleh gubernur sendiri, namun juga ada pihak lain yang bertanggung jawab. Baik itu perusahaan, maupun kementerian. Ini ada indikasi langsung," katanya.

Editor Brury MP


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar