Daerah

Roy Azlan, Kepala BKD Rohil: "Peserta Akan Diuji Menggunakan Sistem CAT

Gagasanriau.com Bagan Siapiapi-Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten Rokan Hilir, Roy Azlan mengatakan, guna memaksimalkan pemilihan calon pegawai negeri sipil (CPNS), pihaknya akan melakukan ujian tertulis kepada 2.498 peserta yang telah lulus tes administrasi itu dengan menggunakan system Computer Asissted Test (CAT) November mendatang di Pekanbaru

"Ujian yang mengunakan sistem CAT itu dapat kita laksanakan mulai tanggal 25 sampai 29 November tahun 2014, di Kantor BKN Regional XII di Pekanbaru, Jalan Hangtuah Ujung," kata Roy Azlan kepada wartawan, Selasa (21/10) di Bagan Siapi Api.

Dikatakan, pada tanda peserta ujian telah dituliskan waktu/tanggal ujian dan sesionya. Dan katanya lagi, untuk satu hari dibagi dalam lima session, cukup hanya membawa KTP Elektronik atau keterangan sudah merekam dan kartu ujian, alat tulis tidak perlu lagi.

Satu sesi, 100 peserta, dua lab CAT 1, lab CAT2, jadi satu lab 50 orang, waktu 90 menit, jangan sampai terlambat, satu jam sebelum ujian, sudah ada dilokasi tempat ujian, karena kalau terlambat memasuki ruangan ujian, tidak akan diberikan.

"Kami mengharapkan kepada calon peserta, agar betul-betul baca catatan yang kami bikin ditanda peserta, kapan waktu ujian, tanggal berapa, jam berapa, session keberapa. Dengan catatan juga, berpakaian bebas rapi, tidak boleh pakai sandal, celana jean dan baju kaos," tegasnya.

Ia juga mengharapkan kepada para peserta untuk mempersiapkan dirinya, mulai belajar, membaca soal-soal yang ada diinternet, simulasi-simulasi yang diadakan beberapa media atau kabupaten/kota lain, untuk mengasah ketajaman otak, karena langsung, dijawab dikomputer tersebut.

Persiapan lain menurutnya juga perlu, karena tes akan menuju Pekanbaru, diantisipasi, penginapan, jauh-jauh hari, kalau ada famili, silahkan dihubungi dari sekarang, karena jadwal ujian sudah tentu. "Karena kalau sudah di Pekanbaru, akan diambil alih langsung oleh panitia dari BKN Regional XII, kita panitia daerah, hanya mengatur bagian luar saja," terangnya.

Roy memaklumi karena jauh, rata-rata dari Rokan Hilir, ujian di Pekanbaru, kedepan, untuk sarana dan prasarana CAT ini disiapkan di Kabupaten Rokan Hilir. Termasuk Rokan Hilir tidak pernah melaksanakan simulasi karena sarana dan prasarana belum ada, seperti kabupaten lain yang mengadakan simulasinya.

"Setelah kita mengadakan survey, alat dan sebagainya kita tengok belum memadai, jadi kita tidak dapat melaksanakan simulasi," akunya.

Bagi masyarakat Rokan Hilir yang menumpang simulasi di kabupaten lain dipersilahkan. "Mungkin kalau bisa numpang didaerah lain, silahkan, biar tahu bentuk soalnya bagaimana. Jadi kedepan, kita akan mempersiapkan sarana dan prasarana tersebut, baik gedung dan sebagainya. Tergantung nanti, anggaran kita tahun 2015," tutupnya.

Hermansyah


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar