Daerah

BKMT dan Pihak Kecamatan Bagan Sinembah Rohil Gelar Festival Qasidah

Gagasanriau.com Bagan Sinembah-Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam yang akan jatuh pada hari Sabtu (25/10) mendatang, pihak kecamatan Bagan Sinembah menggelar festival lagu-lagu qasidah di halaman Masjid Raya.

Festival yang mulai dilaksakanakan Kamis, (23/10) pagi, diikuti oleh 15 grup qasidah diambil dari setiap sekolah berlangsung meriah. Dan setiap grup menampilkan kerja sama ciamiknya untuk memukau para juri dan penonton yang hadir dalam perlombaan itu dengan melantunkan alunan merdu rebana dengan nyanyian islami.

Kepada Gagasanriau.com, Hj Yusni Musa selaku ketua panitia pelaksana festival mangatakan, para peserta yang datang dari setiap sekolah se-Bagan Sinembah, sangat antusias mengikuti even itu. Selain itu, mereka juga memperlihatkan penampilan terbaiknya untuk menjadi yang terbaik dalam perlombaan tersebut.

"Selain kita memperingati tahun baru islam ini, kita juga ingin andil dalam melestarikan ciri-ciri kesenian tradisional budaya Islam yang hampir punah," kata wanita yang akrab disapa Bu Darnis kepada wartawan disela sela acara festival itu.

Lebih lanjut ia menuturkan, setiap grup peserta yang mengikuti pestival itu memang dibatasi. Dari kalangan usia remaja 10 sampai 15 tahun. "Pestival ini kita gelar agar di tahun baru hijryah ini, peserta yang masih tergolong anak anak dan remaja jangan hanya mengenal budaya kesenian barat saja," jelas Yusni yang juga merupakan ketua badan kontak majelis taklim (BKMT) Bagan Sinembah.

Lanjutnya lagi, dikesempatan seperti inilah menurutnya sangat bagus mencerminkan untuk melestarikan budaya asli rohani keislaman. "Sebenarnya, setia saat pun kita sebagai umat islam, dapat melestarikan budaya islam asli seperti ini. Bukan saat seperti ini saja kita lestarikan budaya asli islam. Ingat waktu kita masih panjang untuk terus meningkatkan budaya islam seperti ini kapan dan dimanapun kita berada," pungkasnya.

Penulis; Hermansyah

Editor: Brury MP


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar