Daerah

Kalau Gubernur Riau Pakai Innova, Kepala Dinas Avanza

Gagasanriau.com Pekanbaru-Gerakan untuk berhemat yang dilakukan oleh Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang mengganti mobil dinasnya dengan merk kijang Innova seharga Rp 400 juta hendaknya hal tersebut diikuti oleh Kepala Dinas dilingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan memakai mobil dinas seperti Kijang avanza senilai kurang Rp250 juta.

Demikian hal ini disampaikan oleh Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Riau Usman. "Ini akan menekan biaya untuk kendaraan operasional para pejabat yang selama ini sangat besar," kata Koordinator FITRA Riau Usman Selasa (11/11/2014).

Menurut dia, kesederhanaan Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman harus diikuti oleh kalangan pejabat eselon setingkat kepala dinas yang selama ini cenderung "bergagah-gagahan" menggunakan mobil mewah.

Jika itu dilakukan, kata Usman, maka akan berpotensi ada penghematan anggaran cukup besar, diperkirakan mencapai 50 persen dari pengeluaran untuk mobil dinas sebelumnya.

"Bayangkan saja, kalau seandainya mobil kepala dinas atau kepala badan itu jenisnya setara Pajero yang seharga lebih Rp400 juta per unit, dikalikan 34 pejabat, maka nilainya sudah mencapai Rp13,6 miliar," katanya.

Namun kalau mobil tersebut diganti dengan Avanza yang per unitnya sekitar Rp200 juta, maka anggaran yang dibutuhkan hanya Rp6,8 miliar.

Menurut dia, ada penghematan anggaran sebanyak 50 persen atau sekitar Rp6,8 miliar yang tentunya bisa dialokasikan pada program yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.

"Itu masih ilustrasi hitung-hitungan kotor saja. Yang jelas perilaku sederhana Plt Gubernur Riau saat ini sudah berdampak positif bagi pemerintahan yang selama ini terkesan dipenuhi oleh pejabat yang cenderung mewah," katanya.

Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam beberapa hari terakhir mengubah penampilan saat menjalankan tugas-tugas pemerintahan, salah satunya adalah "mengandangkan" mobil dinas mewah dan menggantinya dengan mengendarai mobil sederhana Innova.

Sebelumnya dia biasa menggunakan sedan mewah Toyota Crown dan ketika berjalan ke luar kota menggunakan Toyota Land Cruiser yang harganya bisa miliaran rupiah per unit.

Arsyadjuliandi Rachman juga memastikan membatalkan proyek pengadaan mobil dinas senilai sekitar Rp70 miliar untuk unsur pimpinan dan anggota DPRD Riau, serta pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemprov Riau.

Diaz Bagus Amandha sumber antara


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar