Daerah

Serapan APBD Tahun 2014 Di Rohil Baru Mencapai 70 Persen

Gagasanriau.com Bagan Siapiapi-Terhitung hingga Bulan Novenber 2014, penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), baru mencapai 70 persen. Dan itupun lebih di fokuskan pada kegiatan non fisik.

Demikian hal itu dikatakan oleh Ketua Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rohil, H Nasrudin Hasan kepada gagasanriau.com, Selasa (11/11) di Bagan Siapiapi. "Penyerapan anggaran diharapkan bisa mencapai 70 persen lah, paling tidak sebanding dengan tahun lalu," katanya ketika dihubungi melalui selulernya.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan yang berjalan di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) hanya bersifat rutin. Artinya, kegiatan non fisik belum terealisasi, sehingga dapat disimpulkan anggaran perubahan dapat direalisasikan semua meski dalam waktu singkat.

"Untuk anggaran perubahan yang kebanyakan non fisik, pastinya setahu kita pemda harus menggesa hingga akhir tahun. Tujuanya supaya penyerapan anggaran bisa lebih maksimal," jelasnya.

Disebutkan, meski tersisa dua bulan, dirinya optimis pemerintah daerah mampu melaksanakan sisa kegiatan yang sudah diprogramkan. "Dengan catatan, satuan kerja perangkat daerah mampu melaksanakan pekerjaan tersebut," ujarnya lagi.

Lanjutnya, program yang tertuang dalam APBD Rohil tahun berjalan secara berkala tetap dievaluasi. Upaya ini dilakukan untuk mengetahui progres hasil pekerjaan hingga akhirnya terlaksana sesuai harapan.

"Evaluasi berkala sangat diperlukan dalam memantau pelaksanaan dan perkembangan berbagai kegiatan yang tertuang dalam APBD," terangnya.

Program program yang dalam pelaksanaaan lanjutnya lagi, perkembangannya itu dapat terpantau. Dan proses aplikasi berbagai program APBD di setiap SKPD itu berjalan sesuai harapan. "Sehingga kendala apa yang terjadi hingga bisa segera di sikapi untuk segera diperbaiki lagi," tukasnya.

Hermansyah


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar