Daerah

Wisata Religi Dimulai, Bupati Inhil Lepas Pawai Taaruf Gema Muharram 1436 H

Gagasanriau.com Tembilahan-Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan melepas peserta lomba pawai ta'aruf, sebagai tanda dimulainya rangkaian even wisata religi Gema Muharram 1436 H, Jumat (24/10/2014).

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Gajah Mada Tembilahan ini, dihadiri Wakil Bupati, H Rosman Malomo, Unsur Muspida, sejumlah pejabat, Camat, Ketua dan Pengurus TP PKK, serta Pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan majelis taklim di Kabupaten Inhil.

Bupati Wardan dalam sambutannya berharap mulai tahun ini pergantian tahun harus lebih semarak dengan kegiatan syiar Islam lainnya, karena ini merupakan tahunnya umat muslim, yang merupakan penduduk terbesar di Indonesia, khususnya Kabupaten Inhil.

"Saya harapkan kegiatan ini ke depan akan menjadi even wisata Provinsi Riau, yang dilaksanakan di Negeri Seribu Parit. Jadi, saya minta even wisata religi ini dapat didukung dan lebih disemarakkan lagi," ujar Bupati.

Sementra itu, Ketua Panitia, Alisman menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta menumbuhkan minat masyarakat untuk memperdalam budaya Islam, yang diselaraskan dengan kearifan lokal.

"Rangkaian kegiatan pada even wisata religi ini, diantaranya lomba pawai ta'aruf, doa akhir dan awal tahun, ceramah agama, lomba maulid habsy, lomba membaca syair ibarat, lomba melukis kaligrafi, lomba rebana antar kecamatan, lomba dai dan daiyah muda, lomba membaca shalawat nariyah, yang ditutup dengan kegiatan istighosah dan do'a bersama, ceramah agama, serta berbuka puasa bersama dengar bubur asyura," terangnya.

Adapun rute yang dilewati oleh ribuan peserta, terdiri dari perwakilan siswa 9 SMP dan 11 SMA sederajat di Kota Tembilahan dan sekitarnya, yakni dimulai dari Lapangan Gajah Mada, Jalan M Boya, Jalan Kartini, Jalan Abdul Manaf, Jalan Jend Sudirman dan kembali lagi ke Lapangan Gajah Mada Tembilahan.

Advertorial/Humas/Ragil


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar