Daerah

Asisten I Setda Inhil Buka Pelatihan Jurnalistik

Gagasanriau.com Tembilahan-Pelatihan jurnalistik merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia khususnya dalam pengenalan dunia pers yang berkembang begitu cepat.

Hal tersebut disampaikan Asisten I Setda Inhil, Darussalam saat membuka pelatihan Jurnalistik Bagi Aparatur SKPD, Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Tembilahan Hulu yang di taja Humas Setda Inhil. Kamis (27/11/14).

Tampak juga pada kegiatan tersebut dihadiri Kabag humas, Kasubag kerjasama media dan pers, dan Camat Tembilahan Hulu, pengurus PWI Inhil, Lurah se Tembilahan Hulu, Kepala Desa dan undangan lainnya.

"Kita sadar tidak mungkin ada demokrasi tanpa adanya kebebasan pers, sebaliknya hanya dalam negara demokrasi, pers akan menemukan kebebasan"katanya lagi.

“Pers tidak hanya menyampaikan berita, namun Pers juga merupakan media penyampaian pendapat, kritik, dan saran untuk memperbaiki kehidupan masyarakat, untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja pemerintah, masyarakat, bangsa dan negara,” sebut Darussalam.

Dengan dilaksanakannya pelatihan jurnalistik ini maka setidaknya akan mengetahui apa itu tulisan berita yang sarat nilai (news value) dengan tetap memperhatikan aktualitas berita, kelayakan berita, kebutuhan publik, serta cek dan recek masalah, serta bagaimana membuat terobosan dan kreasi penulisannya, contoh-contoh gaya penulisan jurnalistik sastra, jurnalistik features, jurnalistik investigasi, serta tak kalah pentingnya adalah apa itu dunia pers, insan pers dan kode etik pers.

Sementara itu, Kabag Humas Setda inhil, Ramdani mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan jurnalistik dasar bagi peserta sehingga mengetahui tentang berbagai hal dan kaedah jurnalistik agar dapat memahami fungsi jurnalistik dan dapat memberikan informasi yang benar untuk disampaikan kepada publik.

“Semoga para pejabat pemerintah jangan pernah takut dan apriori kepada media, kalau perlu mereka dirangkul dalam upaya menyampaikan informasi penting kepada masyarakat,” tandasnya.

Advertorial/Humas/Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar