Daerah

Rp800 Miliar Pemprov Riau untuk Runway Bandara SSK II

Gagasanriau.com Pekanbaru-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus menggesa perpanjangan landasan pacu (runway) Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menjadi 2.600 meter (2,6 kilometer). Diperkirakan, tahun 2015 pembangunan akan tuntas.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Riau, Adizar. Menurutnya, saat ini panjang landasan pacu Bandara SSK II masih 2.245 meter.

"Jadi ini akan kita perpanjang menjadi 2.600 meter. Direncanakan 2015 pembangunannya sudah selesai," ujarnya, Jumat (28/11/2014).

Perpanjangan runway ini, katanya, memang sudah mendapat perhatian Presiden Jokowi, saat kunjungannya ke Riau, kemarin. Oleh karena itu, Pemprov Riau bersama PT Angkasa Pura akan menggesa pembangunannya. "Nanti akan ada anggaran sebesar Rp800 miliar," tuturnya.

Ketika disinggung rencana Bandara SSK II Pekanbaru dijadikan embarkasi haji, Adizar mengaku belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Pasalnya, untuk embarkasi haji, panjang runway minimal 3.000 meter sehingga, pesawat Boeing mudah mendarat.

"Jadi untuk kondisi saat ini memang belum bisa. Bahkan, Angkasa Pura menargetkan tahun 2025 baru bisa direalisasikan embarkasi haji itu," tuturnya.

[caption id="attachment_21118" align="alignright" width="650"]Rp800 Miliar Pemprov Riau untuk Runway Bandara SSK II Rp800 Miliar Pemprov Riau untuk Runway Bandara SSK II[/caption]

Ada pun terkait realisasi pembangunan landasan pacu menjadi 2600 meter tersebut yang diperkirakan tuntas 2015 mendatang tidak terlepas atas perhatian Presiden RI Joko Widodo yang baru saja melaksanakan kunjungan kerjanya di Provinsi Riau. Dimana nantinya anggaran Rp800 miliar untuk pembangunan tambahan landasan pacu tersebut akan dicairkan secara bertahap.

"Harapan kita tentu tidak sampai 2025 sudah menjadi embarkasi. Memang untungnya ongkos perjalanan haji bisa dipangkas, karena tak perlu jauh-jauh berangkat lewat Batam sana. Tapi yang jelas pembangunan sudah mulai dilakukan secara bertahap. Anggarannya Rp800 miliar untuk pembangunan tambahan landasan pacu akan dicairkan bertahap nanti," ungkap Adizar.

Baru akan terwujudnya embarkasi haji di daerah sendiri ini sebenarnya meleset dari rencana awal yang sebelumnya sudah digagas mantan Gubernur Riau Rusli Zainal. Dimana tahun ini ditargetkan SSK II sudah menjadi embarkasi haji.

Tidak hanya itu, target pembangunan tambahan landasan pacu sepanjang 3000 meter yang diharapkan sudah tuntas tahun lalu juga meleset. Begitu juga dengan pembangunan asrama haji yang tidak kunjung tuntas. Salah satu alasanya saat itu, yakni persoalan lahan.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar