Daerah

Pembangunan Siak IV Akan Tetap Dilanjutkan Oleh Pemprov Riau

Gagasanriau.com Pekanbaru-Untuk menunjang kemajuan ekonomi di Kota Pekanbaru, Pemerintah Provinsi Riau akan segera melanjutkan pembangunan Jembatan Siak IV, yang sebelum dihentikan pada awal tahun ini.

"Audit sudah selesai, kami meminta hasil audit agar bisa dilanjutkan, agar dianggarkan untuk kelanjutannya," kata Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Zaini Ismail, kepada wartawan di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan, pembangunan proyek tersebut akan dilanjutkan pada tahun depan lewat penganggaran di APBD 2015. Sebabnya, ia mengatakan, tidak mungkin memaksakan pengerjaan pada tahun ini dengan waktu yang tersisa sangat mepet.

"Kegiatan pembangunan yang tertunda dapat dilanjutklan 2015, begitu juga kegiatan yang semestinya dijalankan tahun ini diharapkan dapat dilanjutkan lagi," katanya.

Sebelumnya, Annas Maamun yang saat itu masih aktif sebagai Gubernur Riau meminta proyek Jembatan Siak IV di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, untuk dihentikan sementara. Annas beralasan ada kejanggalan dalam pelaksanaan proyek tersebut.

Alhasil, konstruksi jembatan yang sudah berdiri tegak dan tinggal membangun bagian yang akan menyebangi Sungai Siak "mangkrak" karena proses pengerjaan berhenti total berbulan-bulan.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Riau, Safril Buchori mengatakan pembangunan Jembatan siak IV akan dilanjutkan menggunakan anggaran APBD Perubahan tahun 2015 mendatang. Sebabnya, ia mengatakan proyek tersebut terlambat dimasukan ke APBD murni 2015.

"Waktu itu tidak mungkin dianggarkan di APBD murni 2015 karena masih dalam tahap audit," ujarnya.

Ia mengatakan proyek Jembatan Siak IV masih membutuhkan dana sekitar Rp80 miliar untuk pembangunan hingga rampung. Namun, ia khawatir jumlah tersebut akan "membengkak" karena belum menghitung kenaikan harga bahan material setelah kenaikan harga BBM bersubsidi.

"Kalau angka kekurangannya itu Rp80 miliar, tapi diperkirakan angka itu akan bertambah karena bahan material bisa naik," ujarnya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar