Daerah

Pemkab Rohil Tingkatkan Budidaya Ikan Untuk Kesejahteran Rakyat

Gagasanriau.com Bagansiapiapi-Guna meningkatkan taraf hidup masyarakatnya Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir akan menyikapi usulan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat untuk mengembangan ekonomi para nelayan di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir (Rohil) melalui budidaya ikan sembilang memiliki prospek besar meningkatkan taraf hidup nelayan.

Anggota DPRD Rohil Bachtiar mengatakan pihaknya menawarkan program pengembangan budidaya ikan asin tersebut. Dinas perikanan dan kelautan diminta melakukan kajian.

“Jadi kita punya ide, bagaimana pengembangan ikan sembilang itu, supaya masyarakat nelayan kita bisa menjadikan ikan sembilang memiliki nilai ekonomi lebih. Saya pikir budidaya dilakukan dengan membuat tambak air asin untuk ikan sembilang, dan masyarakat nelayan bisa banyak terbantu guna meningkatkan pendapatannya,” katanya.

Pemerintah pusat sendiri, katanya, sangat memperhatikan sektor perikanan. “Kalau perlu kita adakan pengkajian-pengkajian, apakah kerjasama dengan pihak perusahaan. Kerja sama dengan pihak luar negeri, tidak masalah,” jelasnya

Menurutnya, wacana tersebut sudah dibicarakan dengan pihak Diskanlut Rohil. “Tadi saya coba bicara dengan pak kadisnya, bagaimana supaya ikan sembilang ini bisa kita manfaatkan, karena ikan sembilang ini sudah masuk ke ikan ekspor,” sebutnya.

Terkait wacana tersebut, Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Rohil, M Amin menyebutkan akan mempertajam wacana itu di lapangan terlebih dahulu. “Berapa banyak sebenarnya volume ikan sembilang, harus kita tengok dulu ke lapangan,” imbuhnya.

Hermansyah


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar