Daerah

Pemkab Rohil Akan Salurkan Bantuan Beasiswa Secepatnya

Gagasanriau.com Bagansiapiapi-Setelah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Rokan Hilir selesai diverifikasi oleh provinsi, penyaluran bantuan beasiswa kepada pelajar atau mahasiswa di di Bumi Seribu Kubah pada 2014 akan segera disalurkan kata Bupati H Suyatno.

Keterangan ini disampaikan bupati pada saat memberikan kata sambutan di acara rapat paripurna istimewa pengambilan sumpah dan janji pimpinan tetap DPRD Rohil masa jabatan 2014-2019 di gedung Serba Guna, Bagansiapi-api.

‘’Memang agak terlambat diberikan karena pada tahun ini tercantum juga ketentuan bahwa beasiswa tidak bisa dalam bentuk tunai langsung namun dalam bentuk kegiatan, padahal biasanya memang dalam bentuk bantuan atau hibah. Tapi namanya program atau kegiatan tentu prosedurnya panjang,’’kata bupati.

Namun akhirnya pemerintah dan tim banggar sudah mengusulkan agar menyangkut beasiswa tetap dialokasikan sebagai bantuan atau hibah melalui APBD Perubahan nanti. ‘’Kami juga sudah berdialog dengan staf ahli provinsi dan juga Plt Gubernur Riau bahwa sebaiknya yang Rohil diminta prosesnya dipercepat APBD Perubahannya,’’kata Suyatno.

Diterangkannya, mudah-mudahan dalam pekan ini juga APBD Perubahan itu sudah bisa dilaksanakan. Sehinga Pemkab Rohil bisa segera melakukan penyaluran dana beasiswa kepada mahasiswa yang sedang memerlukan dana tersebut untuk keperluan akademis yang mereka jalani.

Beberapa hari lalu puluhan mahasiswa dari organisasi Himpunan Pelajar Mahasiswa Rohil (Hipemarohi) Pekanbaru gelar aksi unjuk rasa yang dipusatkan ke gedung DPRD dan kantor bupati. Aksi massa meminta kejelasan soal penyaluran beasiswa tahun anggaran 2013 dan 2019, mereka juga menyoroti soal birokrasi pemerintahan yang menurut peserta aksi perlu dibenahi.

Mahasiswa diterima pemda dalam hal ini, Wakil Bupati Erianda dan Plt Sekdakab M Job Kurniawan dan sejumlah staf. Dalam kesempatan tersebut wabup juga menjanjikan segera mencarikan solusi terkait dengan aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa pada kesempatan tersebut.

Hermansyah


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar