Daerah

Prihatin Lihat Rumah Sumadi, Bupati Rohil Intruksikan Instansi Terkait Turun Tangan

Gagasanriau.com Bagansiapiapi-Kondisi warga bernama Sumadi di Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko yang mengenaskan membuat Bupati Rokan Hilir H.Suyatno AMP mengintruksikan dinas terkait segera mengambil tindakan untuk didata dan diberikan bantuan dalam usaha mengentaskan kemiskinan di Bumi Seribu Kubah tersebut.

"Kita sangat prihatin sekali melihat rumah Pak Sumadi. Sudahlah rumah berdampingan dengan kandang kambing. Ditambah lagi kondisi anaknya yang mengalami keterbelakangan mental," ujar Bupati disela melihat kondisi rumah.

Menurut orang nomor satu Rohil, bahwa kondisi ekonomi Pak Sumadi layak dibantu. Apalagi Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir tetap komitmen dalam membantu masyarakat kurang mampu. Oleh karena itu, pihak Bapemas dan Camat Bangko dapat sesegera mungkin turun melihat kondisi dilapangan.

Hal seperti ini tidak bisa didiamkan. Masyarakat kurang mampu harus diiventarisir secara global. Artinya, jangan ada yang tertinggal dalam hal pemberian rumah layak huni atau resetlemen.

Seperti apa yang dilihat ini sangat prihatin sekali. Rumah yang ditempati Pak Sumadi beserta istri dan anak-anak yang mengalami keterbelakangan mental ini perlu mendapat perhatian seksama.

Mereka tinggal dirumah ini lebih kurang 12 tahun. Selama 12 tahun ini sama sekali hanya baru mendapat bantuan raskin. Dan selebihnya tidak pernah mendapat bantuan dari Pemkab.

"Saya sangat kecewa karena hal ini didiamkan begitu saja. Maka, kita minta Bapemas dan Camat Bangko begitu juga Lurah dan RT setempat, kondisi ini harus disikapi. Yang jelas, hal ini kita bantu secepatnya," cetus Bupati.

Sementara itu, Pak Sumadi menambahkan, sangat terharu dengan kedatangan Bupati. Meski awal kedatangan orang nomor satu ini membuat istri dan anak-anak terkejut.

"Saya sama sekali tidak menyangka Pak Bupati kerumah. Dan langsung masuk kerumah. Hal ini membuat kami malu dan sembari bertanya ada apa gerangan," kata Sumadi seraya mata berkaca-kaca.

Sumadi berharap kepada Pemkab untuk sesegera mungkin merealsasikan bantuan rumah layak huni atau resetlemen. Sejak lebih kurang 10 silam, baru kali ini Bupati datang kesini. Mudah-mudahan hal ini membawah berkah buat keluarga.

Sedangkan itu, Plt Camat Bangko, Rijalul Fikri, SE, akan menjalankan intruksi Bupati Rohil, H Suyatno. Artinya, Camat akan turun kelapangan untuk mengumpulkan data-data lengkap. Karena ini sudah menjadi tugas yang harus dijalankan.

"Kita akan cek kelapangan untuk mengumpulkan data lengkap. Sehingga apa yang menjadi intruksi Bupati dapat teraplikasi. Dan apa yang menjadi keinginan Pak Sumadi dapat terwujud," kata Camat mengakhiri.

Hermansyah


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar