Daerah

Revitalisasi Puskesmas Sejalan dengan Program Pemkab Inhil

Gagasanriau.com Tembilahan-Wakil Bupati Indragiri Hilir (Inhil), H Rosman Malomo membuka Rapat Kerja Kesehatan Kabupaten (Rakerkeskab) Inhil tahun 2014, yang digelar di Gedung Puri Cendana Tembilahan, Jumat (5/12/2014) malam.

Rakerkeskab Inhil yang diikuti 25 Kepala Puskesmas, 130 Kepala Puskesmas Pembantu (Pustu) dan 25 Bidan Koordinator se-Kabupaten Inhil ini, dihadiri Dinas Kesehatan (Diskes) Propinsi Riau yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan, dr Bety dan Kepala Diskes Inhil, Hj Alvi Furwanti Alwi beserta jajarannya.

Kegiatan yang ditaja oleh Diskes Inhil selama 2 hari ini mengusung tema "Optimalisasi Pembangunan Kesehatan Melalui Revitalisasi Puskesmas dengan Akses Pelayanan 24 Jam Menuju Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)".

Dalam sambutannya, Wabup Rosman berharap melalui revitalisasi puskesmas akan mampu meningkatkan pelayanan puskesmas yang terakreditasi, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan tingkat pertama yang berkualitas kepada masyarakat.

"Revitalisasi puskesmas disejalankan dengan pogram Pemkab Inhil yang sudah membangun pustu di setiap Desa dan Keluarahan, yang pada gilirannya mendukung program Desa dan Kelurahan yang aktif," ujar Wabup.

Untuk itu, dalam upaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, maka puskesmas sebaiknya menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), yang dibentuk guna memberikan layanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan jasa.

Selanjutnya, dengan ditetapkannya semua Puskesmas menjadi BLUD, diharapkan dapat meningkatkan kinerja seluruh jajaran Puskesmas dalam menyajikan layanan kesehatan yang menjadi hak peserta dalam program jaminan kesehatan, dengan meningkatkan peran dan tata kelola puskesmas dan pustu.

"Yang juga tak kalah pentingnya, diharapkan dapat memberikan peningkatan pelayanan kesehatan tingkat pertama kepada masyarakat, sehingga dapat menurunkan jumlah kematian ibu dan bayi saat proses persalinan, pengendalian penyakit menular dan penyakit tidak menular serta indikator kesehatan lainnya," tutupnya.

Usai menyampaikan sambutannya, Wabup Inhil, H Rosman Malomo didampingi Kepala Diskes Inhil dan perwakilan Diskes Riau melakukan pemukulan gong, sebagai tanda dibukanya Rakerkeskab Inhil tahun 2014.

Advertorial/Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar