Daerah

Polres Inhil Musnahkan Ribuan Minuman Haram

Gagasanriau.com Tembilahan-Usai Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke-34, Polres Inhil melakukan pemusnahan ribuan minuman haram yang meresahakan masyarakat. Minuman haram ini beredar luas di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Barang-barang haram tersebut disita dari 25 lokasi berbeda di Inhil, saat Operasi Pekat Siak 2014.

"Ada sekitar 5908 Botol dan 331 Liter tuak yang kita musnahakan hari ini," sebut Kapolres Inhil AKBP Suwoyo SIK MSi yang di dampingi Wakil Bupati Inhil, Rosman Malomo. Selasa (30/12/14). Lanjutnya kembali, ada sebanyak 14 orang pelaku yang akan dibina dan yang sedang menjalankan proses penyidikan 11 orang.

Untuk mengantisipasi gangguan kamtibnas dan kriminalitas, perlu antisipasi dulu masalah miras oplosan. "Tidak sedikit korban yang meninggal dunia akibat adanya miras oplosan. Kita mengharapkan seluruh masyarakat untuk mengantisipasi ini jangan sampai masyarakat inhil jadi korban yang dikarenakan miras oplosan," sebut Suwoyo.

Sementara itu Wakil Bupati Inhil Rosman Malomo mengatakan, bahwa ini merupakan upaya yang positif untuk mengurangi peredaran miras dilapangan ditengah-tengah masyarakat. "Jadi dengan adanya kegiatan yang dilakukan pihak kepolisian bisa membuat para pengkonsumsi ini kesulitan mendapatkan minuman haram ini," kata Rosman.

Mudah-mudahan upaya ini terus ditingkatkan yang pada akhirnya juga meminimalisir pengguna menuman keras di inhil.

"Harapan kita mari kita semua pihak terkait terus memelihara upaya-upaya kemudian kedesiplinan kita dalam berlalu lintas. Sebab, kalau kita tidak mulai dari individu atau pribadi maka ini akan sulit karena persoalan disiplin berlalu lintas itu tertuang kepada manusianya,"tandas mantan Ketua DPRD Inhil ini.

Berikut jumlah jenis dan jumlah miras yang di musnahkan usai pelaksanaan HUT Satpam ke 34 :

1. Merk Mansion sebanyak 785 botol dengan kadar alkohol 43% 2. Merk King sebanyak 2202 botol dengan kadar alkohol 20% 3. Merk Ginseng sebanyak 2190 botol dengan kadar alkohol 19% 3. Merk Asoka sebanyak 74 botol dengan kadar alkohol 14,7% 4. Merk Dewa Tua sebanyak 140 botol dengan kadar alkohol 12% 5. Merk Beras Kencur sebanyak 417 botol dengan kadar alkohol 14,7% 6. Merk Macdonald sebanyak 16 botol dengan kadar alkohol 15% 7. Merk Apek Tua sebanyak 10 botol dengan kadar alkohol 14,5% 8. Merk Anker sebanyak 60 botol dengan kadar alkohol 4,9% 9. Merk Columbus sebanyak 5 botol dengan kadar alkohol 15% 10. Merk Big Bos Vodca sebanyak 9 botol dengan kadar alkohol 13,1% 11. Tuak sebanyak 331 liter

Reporter Ragil Hadiwibowo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar