Daerah

Pemuda dalam Kacamata Supriyanto, SP

Gagasanriau.com Pangkalan Kerinci - Wakil Ketua I DPRD Pelalawan, Supriyanto, SP punya pandangan menarik soal pemuda dan masa depan bangsa. Pandangan tersebut beliau sampaikan pada Selasa (6/1/2015) di Kantor DPRD Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci.

Pentingnya peran pemuda sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan membuat pemuda Indonesia harus mengacu pada ideologi bangsa yakni Pancasila dan UUD 1945.

"Kita sebagai pemuda juga harus mengacu pada Trisakti dan 4 Pilar Bangsa karena peran pemuda sangat diharapkan ke depannya,"paparnya

Menurutnya, pemuda harus mampu menegakkan Trisakti Proklamasi yang disampaikan Proklamator Bangsa, Soekarno.

"Sebagaimana yang kita ketahui Trisakti Mencakup: pertama, berdaulat dalam politik; kedua,berdiri di atas kaki sendiri (berdikari atau mandiri) di bidang ekonomi; ketiga, berkepribadian dalam kebudayaan,"jelasnya.

Selain hal tersebut, Mas Iwad menjelaskan bahwa Empat Pilar Bangsa juga menjadi dasar kekuatan Bangsa Indonesia yang seharusnya diketahui oleh pemuda-pemudi Indonesia khususnya pemuda Kabupaten Pelalawan.

Pria yang akrab di sapa Mas Iwad ini menjelaskan bahwa setiap pemuda khususnya pemuda di Pelalawan harus berfikir kreatif.

Ditambahkannya, konsep pemuda yang kreatif adalah yang membanggakan negeri sendiri yang menonjolkan hasil kreatifitasnya agar dapat membangun suatu bangsa yang bersinergi terhadap program pemerintah.

Menyinggung tentang Pasar Bebas 2015, Beliau menganggapnya sebagai tantangan yang harus dihadapi oleh pemuda dan masyarakat.

"Dalam tantangan akan datang Pemuda Dan Masyarakat harus siap mengahadapi suatu Kegiatan atau aktifitas Pasar terhadap Indonesia mau tidak mau peran pemuda dan masyarakat,"tandasnya.

Selanjutnya Mas Iwad berharap pemuda di Kabupaten Pelalawanharus menjadi contoh bagi masyarakatnya.

"Pemuda di Kabupaten Pelalawan harus Kreatif dan bisa menjadi contoh yang belandaskan nilai-nilai Agama dan Ideologi Bangsa untuk masyarakat Pelalawan pada Umumnya,"pungkasnya.

Reporter Brury MP


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar