Daerah

Saat Ini HET Elpiji 3 Kg Di Pekanbaru Rp.16.000

Gagasanriau.com Pekanbaru-Karena adanya kenaikkan Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu, menurut Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru berimbas pada harga tabung elpiji gas 3 kilogram, untuk itu pihaknya sudah menetapkan kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) elpiji tabung tiga kg terhitung Januari 2015.

"HET naik dari Rp14.000 menjadi Rp16.000," kata Kepala Bidang Perdagangan, Disperindag Pekanbaru, Mas Irba, di Pekanbaru, Senin (12/1/2014).

Dia mengatakan, peraturan wali kota (Perwako) kenaikan HET elpiji ini bahkan sudah ditandatangani oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, dan sudah diedarkan ke semua agen dan pangkalan di wilayah itu.

"Harga terbaru ini berlaku di pangkalan," kata dia. Dia menjelaskan, sebelumnya pemko sudah menunggu petunjuk pemerintah provinsi untuk menetapkan kenaikan HET. Setelah mendapatkan petunjuk akhirnya Disperindag menetapkan besaran kenaikan tersebut.

Diakuinya kenaikan masing-masing kabupaten/kota berbeda tergantung dari penghitungan biaya dan ongkos angkut dari Stasiun Pengisian Bahan bakar Elpiji (SPBE). "Jadi kita mendapat kesepakatan harga tersebut," katanya.

Untuk pemberlakuan HET masih kata dia, pihaknya sudah mengirim surat edaran kepada semua pangkalan dan agen yang ada di Pekanbaru agar menjual sesuai ketentuan. "Bagi pangkalan yang kedapatan dan ketahuan menjual di atas HET akan ditindak tegas," katanya.

Sementara untuk pengawasan sendiri, selain tim, dia juga berharap agar konsumen sebagai pengguna elpiji bersubsidi melaporkan jika menemukan ada pangkalan yang menjual diatas HET. Demikian juga yang berani menjual ke warung dan pengecer lainnya dalam jumlah besar akan diberikan peringatan bahkan pencabutan ini usaha.

Editor Hardi sumber antarariau


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar