Daerah

Ternyata Masih Ada 19 Kawasan Kumuh di Pekanbaru

Gagasanriau.com Pekanbaru - Di balik kemajuan Kota Pekanbaru ternyata Kota Bertuah ini masih memiliki 19 kawasan kumuh. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi usai menghadiri Lokakarya Revisi Kinerja PNPM Mandiri Perkotaan tahun 2014 Kota Pekanbaru.

“Pemerintah Kota telah menetapkan 19 kawasan kumuh yang berat di Kota Pekanbaru,"ujarnya pada Selasa (13 Januari 2015).

Menurut Ayat, data kawasan kumuh tersebut memang belum pernah disampaikan. Namun ia berharap kawasan kumuh yang ada saat ini bisa dikurangi bahkan bisa menjadi nol pada tahun 2019. Ia juga menambahkan, pengentasan kawsan kumuh ini akan dibiyai 100% oleh Pemerintah Pusat.

“Yang mana ini 100% dananya akan dibantu oleh pemerintah pusat harapannya 2019 kawasan kumuh di Kota Pekanbaru ini bisa 0%,"ujarnya.

Selanjutnya ia menyampaikan, anggaran yang berasal dari Pemerintah Pusat pada 2014 lebih dialokasikan pada semenisasi dan lainnya. Sedangkan pada tahun 2015 ini, difokuskan 100% pada penataan sanitasi, dewi mewujudkan nol persen kawasan kumuh dan 100% air minum bersih.

Ayat cahyadi berharap, program pengentasan kawasan kumuh tersebut dapat mengajak berdiskusi para stakeholder. Diskusi yang dilakukan nantinya bertujuan untuk menentukan kategori kawasan kumuh tersebut.

"Didalam diskusi nanti dengan para stakeholeder, kawasan kumuh ini didefinisikan ada kawasan kumuh ringan, sedang dan berat. Sehingga nanti akan lebih mudah didalam penganggarannya,"tandasnya

Hasil dari kategorisasi yang dilakukan nantinya juga akan menjadi dasar pembagian tugas antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.

“Misalnya kumuh sedang dan ringan akan dibantu oleh Pemerintah Daerah dan kawasan kumuh berat dibantu oleh Pemerintah Pusat,"pungkasnya.

Reporter Fakhrurrazi Ihsan


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar